Visa dan Mastercard mundur dari Libra Association

Usai PayPal, kini Visa dan Mastercard menyatakan mengundurkan diri dari keanggotaan di Libra Associtation.

Visa dan Mastercard mundur dari Libra Association Source: Google

Visa, Mastercard, eBay, Stripe dan Mercado Pago dilaporkan mundur dari keanggotaan mereka di Libra Association. Hal ini menjadi pukulan telak bagi Facebook yang ingin mendistribusikan cryptocurrency-nya sendiri secara global. Pasalnya, hampir semua anggota yang keluar itu merupakan pemain utama dalam sistem pembayaran, baik di Amerika Serikat maupun beberapa kawasan lain di dunia. 

Dalam pernyataannya, seorang narasumber Visa mengatakan bahwa pihaknya memutuskan untuk tidak bergabung dengan Libra Association saat ini. Visa sendiri menyatakan akan melanjutkan untuk mengevaluasinya dan akan menentukan keputusannya berdasarkan beberapa faktor, termasuk  kemampuan asosiasi tersebut untuk memenuhi persyaratan dari regulator setempat. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Studi: Ratusan penjual di Indonesia mulai bisnis dari Facebook

Facebook Indonesia Summit 2019 jadi ajang kumpul komunitas Facebook

Libra klaim miliki 180 anggota potensial


Ironisnya, sebuah rapat perdana dari Libra COuncil sudah dijadwalkan dalam beberapa hari mendatang, tepatnya 14 Oktober. Pertemuan ini, secara spesifik dilakukan untuk memperkuat komitmen dari para anggota Libra Association untuk mendukung cryptocurrency Libra. Hal ini kemungkinan juga dipicu karena mundurnya beberapa anggota Libra Association sebelumnya. 

“Kami sangat menghargai visi Libra Association. Meski begitu, eBay sudah memutuskan untuk tidak melanjutkan langkah sebagai salah satu anggota pertama. Saat ini, kami fokus untuk meluncurkan pengalaman pembayaran yang terkelola untuk para pelanggan kami.” ungkap juru bicara eBay, sebagaimana dilansir dari TheVerge (12/10). 

Untuk diketahui, mundurnya beberapa perusahaan dari Libra Association ini terjadi tepat satu minggu setelah PayPal. Perusahaan tersebut mundur karena banyaknya tekanan yang diterima Libra dalam beberapa waktu ini. Regulator di Amerika Serikat meragukan keamanan Libra. Menurut mereka, Libra dapat digunakan untuk transaksi ilegal di negara tersebut. 

Saat ini, para anggota Libra masih mendapat tekanan besar dari pemerintah dan regulator Amerika Serikat. Bahkan beberapa hari lalu, dua orang senator di AS memperingatkan Visa, Mastercard dan Stripe untuk mempertimbangkan kembali keanggotaan mereka di Libra. 

Berkaitan dengan mundurnya Visa dan Mastercard, kepala Libra, David Marcus akhirnya angkat bicara. Dalam cuitannya, ia mengatakan menghormati keputusan Visa dan Mastercard untuk menunggu sampai ada aturan yang jelas bagi Libra. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: