sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 19 Feb 2018 16:18 WIB

Dianggap curi data, India bakal blokir UC Browser

UC Browser diduga digunakan untuk mencuri data penting pengguna internet di India

Dianggap curi data, India bakal blokir UC Browser
Sumbar gambar: UC Browser

Diduga telah melakukan pencurian data, UC Browser mendapat sorotan dari pemerintah India. Dilansir dari The Times of India (23/7/17), jika terbukti, kemungkinan browser milik Alibaba tersebut akan diblokir. Hal tersebut disampaikan oleh salah satu pejabat tinggi di kementrian India.

Di India, Browser yang berasal dari China tersebut dikatakan memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan. Sementara pengguna global hampir menyentuh angka 420 juta.

Juru bicara UC Web menjelaskan bahwa mereka sangat memperhatikan keamanan dan privasi. Ia juga menambahkan sudah menjadi kebiasaan umum bagi perusahaan IT untuk menempatkan server di seluruh dunia agar memberikan layanan yang lebih baik kepada penggunannya. UC Web juga mengklaim tidak akan melakukan apapun untuk melanggar kepercayaan pengguna.

"Pada UC Web, kami menangani keamanan dan privasi dengan sangat serius dan bekerja keras untuk mematuhi peraturan daerah di setiap wilayah tempat kami beroperasi," kata juru bicara UC Web. "Kami memiliki ukuran kuat untuk melakukan enkripsi data ketika kami mentransmisikannya."

Menariknya, juru bicara tersebut justru membela keputusan UC Web untuk mengumpulkan data pengguna melalui UC Browser.

"Merupakan praktik industri standar untuk mengumpulkan informasi dan data pengguna untuk kepentingan pengguna layanan lokal. Kami membutuhkan wewenang dari pengguna untuk mengumpulkan data tersebut. Sistem kami dilindungi oleh perjanjian lisensi pengguna akhir yang melindungi kepentingan pengguna kami."

Pejabat kementrian India juga mengutarakan bahwa ada kekhawatiran bahwa data tersebut dicuri bahkan saat aplikasi UC Web telah dihapus.

Berdasarkan data dari Stat-Counter, UC Browser adalah aplikasi browser kedua yang paling sering digunakan di India setelah Google Chrome. Browser tersebut juga memimpin segmen smartphone dengan pangsa pasar 48,66 persen.

Share
×
tekid
back to top