sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Kamis, 12 Jul 2018 12:31 WIB

Uber PHK 100 karyawan proyek mobil otonom

Uber melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sekitar 100 karyawannya yang bekerja untuk mengembangkan mobil otonom

Uber PHK 100 karyawan proyek mobil otonom
(Foto: AP)

Uber melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sekitar 100 karyawannya yang bekerja untuk mengembangkan mobil otonom. Ini merupakan keputusan ditempuh akibat kecelakaan fatal mobil otonom Uber yang terjadi awal tahun ini. 

Kabar ini mulanya dilaporkan oleh kantor berita WTAE Pennsylvania, yang menyatakan bahwa sebagian besar karyawan terkena dampak berbasis di Pittsburgh. Uber sendiri memulai tes mobil otonomnya di kota tersebut pada 2016 lalu.

Beberapa karyawann lainnya dilaporkan berada di San Francisco, namun mayoritas berada di Pittsburgh. Mantan karyawan tersebut juga memenuhi syarat untuk mengisi posisi spesialis di Uber. Akan tetapi hanya 55 posisi yang tersedia, sehingga setengah karyawan lainnya yang di-PHK harus mencari jalan lain.

Keputusan ini memang terbilang wajar mengingat kecelakaan mobil self-driving Uber yang belum lama ini mengguncang dunia bisnis mobil otonom. Uber kala itu segera menghentikan pengujian mobil otonomnya setelah insiden fatal berlangsung, termasuk di Pittsburgh. 

Meski perusahaan mengatakan berencana untuk melanjutkan pengujian, sejauh ini Uber belum mengoperasikan mobil otonomnya di jalan. Tak ada kepastian kapan mereka berencana untuk menjalankannya kembali. 

Akhir Mei lalu, mencuat kabar bahwa Uber merumahkan 300 karyawan didominasi oleh sopir yang direkrut Uber untuk mengoperasikan mobil otonomnya di jalan Arizona. Saat itu Uber menegaskan bahwa pihaknya tak memiliki rencana untuk melanjutkan pekerjaannya sendiri di negara bagian Arizona.

Alih-alih menutup sepenuhnya, Uber mengatakan akan terus bekerja mengembangkan teknologi di Pittsburgh, dimana perusahaan membuka pusat teknologi. Belum jelas apa peran dari karyawan yang di-PHK Uber kali ini. Namun Quartz mengutip sumber yang mengatakan bahwa semua karyawan yang di-PHK adalah sopir mobil otonom. Demikian dilansir SlashGear (7/12).

Tag
Share
×
tekid
back to top