sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 10 Okt 2022 15:54 WIB

Twitter bikin fitur baru, minta pengguna share cuitan saat ambil screenshot

Twitter mulai mengambil langkah untuk mencegah pengguna mengambil screenshot sebuah cuitan dan membagikannya ke media sosial lain.

Twitter bikin fitur baru, minta pengguna share cuitan saat ambil screenshot

Twitter diketahui mulai melakukan sejumlah perubahan pada platform media sosial mereka. Terbaru, perusahaan kini dilaporkan telah meluncurkan fitur baru yang akan meminta pengguna untuk membagikan cuitan dalam bentuk link, saat mereka akan mengambil tangkapan layar untuk tweet tersebut. 

Fitur ini tampaknya diluncurkan sebagai langkah Twitter untuk mencegah pengguna mengambil screenshot sebuah tweet dan membagikannya ke aplikasi media sosial lainnya. Dengan demikian, pengguna tidak bisa membagikan konten dengan cara yang tidak langsung atau melalui gambar dari tangkapan layar cuitan di Twitter. 

Dilansir dari Mashable (10/10), fitur baru ini tampaknya merupakan cara Twitter agar dapat meningkatkan traffic dari layanan aplikasi media sosial mereka. Pasalnya, melalui fitur baru ini, pengguna ataupun orang lain yang membuka tautan tweet bakal berada di aplikasi Twitter lebih lama. 

Sementara jika pengguna melakukan screenshot pada tweet dan membagikannya di platform media sosial lain, maka perusahaan tidak akan mendapatkan untung dari aktivitas tersebut. Oleh karena itu, cara baru ini dilakukan agar semakin banyak orang yang menghabiskan waktu di Twitter sehingga iklan serta tweet yang dipromosikan akan lebih sering dilihat.

Lebih lanjut, fitur baru yang ada di Twitter saat ini dilaporkan telah muncul di beberapa pengguna. Berdasarkan keterangan yang didapatkan Mashable, pengguna Twitter yang terpilih akan melihat melihat opsi ketika mereka mengambil tangkapan layar tweet yang meminta untuk membagikan atau menyalin tautan ke tweet.

Twitter akan menampilkan sebuah pesan pop-up (prompt) yang meminta pengguna untuk membagikan cuitan karena terdeteksi telah mengambil tangkapan layar. Pesan itu berisikan dua opsi untuk ‘Salin tautan’ dan ‘Bagikan Tweet’ yang bisa mempermudah pengguna untuk mengunggah cuitan ke platform media sosial lainnya. 

Pilihan ‘Bagikan Tweet’ disebut mempunyai fungsi yang sama dengan ikon ‘Bagikan’ yang berada pada setiap cuitan. Dengan demikian, pengguna bisa mengirim DM tweet, membagikan ke komunitas, menandainya, atau membagikannya melalui pesan dan aplikasi sosial lain setelah mereka memilih tombol tersebut. 

Meski begitu, saat ini fitur baru Twitter masih terbatas untuk pengguna aplikasi yang memakai perangkat iOS. Sementara untuk para pengguna aplikasi versi Android kemungkinan baru akan menyusul dalam beberapa waktu mendatang. 
 

Share
×
tekid
back to top