Tumblr diakuisisi pemilik WordPress

Kini Verizon dikabarkan menjual Tumblr kepada WordPress Automattic Inc. senilai kurang dari USD3 juta.

Tumblr diakuisisi pemilik WordPress Source: The Daily Dot

Verizon telah menyetujui untuk menjual Tumblr kepada WordPress Automattic Inc. Dilansir dari The Verge (12/8), WordPress Automattic Inc. membeli Tumblr dengan harga kurang dari USD3 juta (Rp42 miliar). 

"Tumblr adalah merek yang mulai bergerak dan menjadi rumah bagi banyak komunitas serta fandom kreatif. Kami bangga dengan apa yang telah dicapai tim dan senang telah menemukan mitra yang sempurna di Automatic, yang keahlian dan rekam jejaknya akan membuka kemungkinan baru serta menarik bagi Tumblr dan pengguna," kata CEO Media Verizon, Guru Gowrappan. 


BACA JUGA

Discord kini luncurkan fitur streaming gim dengan 10 orang

Begini cara menggunakan FaceApp

Ribuan aplikasi Android akses lokasi pengguna tanpa izin


Ini merupakan penurunan nilai yang cukup jauh dari harga sebelumnya. Yahoo membeli Tumblr seharga USD1,1 miliar pada tahun 2013. Namun setelah membeli Tumblr, Yahoo benar-benar tidak bisa menemukan cara untuk bersaing dengan pertumbuhan jejaring sosial lainnya seperti Instagram. Kemudian pada tahun 2017, Yahoo menjualnya kepada Verizon dengan harga sekitar USD230 juta. Pada saat ini, basis pengguna Tumblr diklaim masih terbilang cukup besar dengan 475,1 juta blog. 

Diklaim sebagian dari penurunan penggunanya datang dari keputusan pelarangan konten pornografi dan lainnya di Tumblr. Sayangnya tidak jelas seberapa besar dampak dari "pembersihan" konten di Tumblr yang memengaruhi keputusan untuk tidak kembali menggunakannya. Di sisi lain, akuisisi ini juga menjadi tantangan tersendiri untuk meyakinkan pengguna kembali menggunakan Tumblr. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: