Trafik Indosat ooredoo dan XL Axiata meningkat di Tahun Baru

Meningkatnya aktivitas masyarakat di malam pergantian tahun, turut meningkatkan trafik telekomunikasi.

Trafik Indosat ooredoo dan XL Axiata meningkat di Tahun Baru (Foto: SatiiTV)

Meningkatnya aktivitas masyarakat di malam pergantian tahun ini turut meningkatkan trafik telekomunikasi. Trafik yang meningkat, utamanya terjadi pada penggunaan komunikasi data. Hal ini terlihat dari peningkatan trafik telekomunikasi di jaringan Indosat Ooredoo yang mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun 2019.

Jaringan Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik telekomunikasi sebesar 6.730 TeraBytes. Ini meningkat 11,4% dibandingkan dengan trafik hari biasa. Trafik itu juga meningkat 71,7% dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya. 


BACA JUGA

Menikmati 4G, menanti 5G

Kiprah operator di 2018, gagap transformasi digital

Akhir kisah Bolt dan First Media


Kenaikan trafik telekomunikasi layanan data ini mencapai puncaknya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada 1 Januari 2019. Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya berada di tujuan utama wisatawan seperti, Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai Losari Makassar. 

Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo dalam keterangan yang diterima Tek.id, “Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru,”

Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5% dibanding trafik hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2% dibanding trafik reguler. 

XL Axiata juga mencatat peningkatan layanan telekomunikasi dan data. Mulai 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, rata-rata trafik naik sekitar 83% dibandingkan hari normal. Kenaikan trafik tertinggi terjadi pada 23 Desember 2018 sebesar 40% dan  1 Januari 2019 sebesar 83%. 

Layanan yang paling sering diakses sehingga trafiknya tinggi yaitu layanan Instant Messaging, yang meningkat 540% dibanding hari biasa. “Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran.. Melalui sistem monitoring jaringan, kami melihat tingkat perpindahan pelanggan juga cukup tinggi. Trafik penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang,” kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya.

Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali sebesar 211%, Kabupaten Deli Serdang 140% dan Kota Medan 115%. Saat Natal 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah yang banyak komunitas Nasrani seperti Medan mengalami peningkatan trafik sebesar 35%, Manado 55%, dan Kupang 37%.

Sementara itu, area-area lokasi wisata popular yang mengalami kenaikan trafik antara lain Pangandaran sebesar 91%, Bali 87%, Lombok 80%, dan Danau Toba 310%. Di Labuhan Bajo, trafik layanan data juga mengalami kenaikan sebesar 165%.

Selain aplikasi perpesanan, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) yang naik 125% dan layanan gim naik 122%. Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapan Natal dan Tahun baru.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: