sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
Selasa, 18 Mei 2021 21:28 WIB

Trafik 3 Indonesia dan Indosat Ooredoo naik saat Lebaran

Tradisi mudik saat Idul Fitri kembali tertunda karena pandemi yang belum mereda. Masyarakat Indonesia lantas beralih melakukan silaturahmi secara virtual. Kebiasan baru tersebut mendorong trafik data Indosat Ooredoo naik 10%

Trafik 3 Indonesia dan Indosat Ooredoo naik saat Lebaran

Tradisi mudik saat Idul Fitri kembali tertunda karena pandemi yang belum mereda. Masyarakat Indonesia lantas beralih melakukan silaturahmi secara virtual tanpa perlu harus keluar rumah dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi digital. Kebiasan baru tersebut mendorong trafik data Indosat Ooredoo naik 10% yang diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa Lebaran tahun ini.

Semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia khususnya di layanan data telah diantisipasi Indosat Ooredoo sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video. Dampaknya adalah lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9% lebih cepat dibandingkan hari biasa.

Di sisi lain kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37% di masa Lebaran tahun ini. Lebih dari 90% tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam. Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8% dibandingkan hari biasa. Pelanggan Indosat Ooredoo pun tetap bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G berkualitas video meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa cuti dan liburan sekolah dalam seminggu kedepan.

“Kami turut bangga telah berperan aktif mendukung program Pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19 khususnya di masa Lebaran ini dengan mengganti tradisi mudik menjadi silaturahmi virtual. Kami berkomitmen kualitas jaringan, produk, dan layanan Indosat Ooredoo akan tetap optimal untuk mendukung aktifitas #SilaturahmiTanpaHenti masyarakat Indonesia meskipun dilakukan secara virtual,” kata Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha.

Ditunjang dengan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data Indosat Ooredoo yang kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam sehari.

Peningkatan trafik telekomunikasi dan pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis juga mampu diantisipasi oleh Indosat Ooredoo melalui penerapan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang diimplementasikan sejak tahun lalu. Tercatat pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90%, media sosial naik 26%, messaging dan video call naik 21%, serta streaming video dan music naik 1%. Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Peningkatan trafik juga terjadi di jaringan 3 Indonesia. Ragam aplikasi pesan seperti WhatsApp tercatat mengalami kenaikan penggunaan trafik dijaringan 3 Indonesia sebesar 60% jika dibandingkan dengan hari normal sebelum Ramadan.

Begitu juga dengan aplikasi mobile game dan streaming yang menjadi favorit pengguna 3 untuk mencari hiburan dikala libur Idul Fitri. 3 Indonesia mencatat kenaikan aplikasi mobile game seperti PUBG mobile dan Mobile Legends yang naik sekitar 90% hingga 150%. Selain itu, terdapat kenaikan yang cukup signifikan untuk aplikasi YouTube dan Netflix sebesar 30%.

Pelanggan 3 juga banyak menggunakan sosial media untuk berbagi ucapan dan momen saat Idul Fitri. Secara keseluruhan terdapat kenaikan penggunaan aplikasi sosial media sebesar 23%, yang di dominasi oleh aplikasi TikTok yang naik sebesar 70%, diikuti Instagram dan Facebook. Sementara itu, untuk SMS juga mengalami kenaikan sebesar 14%, sedangkan untuk layanan suara menurun sebesar 6,5%.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia mengatakan “3 Indonesia mendukung penuh inisiatif pemerintah dalam membatasi pergerakan mudik di tengah masa pandemi ini. Oleh karenanya, berbagai upaya turut dilakukan oleh 3 Indonesia agar kebutuhan komunikasi para pelanggannya tetap terpenuhi, terutama di saat, sebelum, dan sesudah perayaan Idul Fitri.”

3 Indonesia sendiri telah menggandakan jumlah sites-nya hampir dua kali lipat dalam dua tahun terakhir untuk melayani lebih banyak pelanggan. Untuk menjalani perayaan Hari Raya Idul Fitri, 3 Indonesia memperluas jaringannya di 214 hot spot di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Selain itu, sejumlah Cell on Wheels (COW) juga disiagakan di berbagai lokasi tertentu untuk mendukung tambahan kebutuhan koneksi internet saat Idul Fitri, sehingga tidak ada gangguan layanan yang terjadi selama libur Hari Raya Idul Fitri.

Sepanjang momen Idul Fitri, 3 Indonesia mencatat kenaikan lalu lintas data tertinggi terdapat di wilayah Jawa Barat yaitu Tasikmalaya dan Cirebon yang mengalami kenaikan sebesar 30%. Diikuti Jawa Tengah yang menjadi wilayah kedua dengan kenaikan data tertinggi ada di kota Purwokerto dan Garut yang juga naik hampir 30%. Di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, kenaikan tertinggi terdapat di kota Padang, Pontianak dan Makassar.

Share
×
tekid
back to top