sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 14 Jul 2021 17:38 WIB

Tokopedia START Summit 2021 hadirkan 43.955 talenta digital

Tokopedia baru saja menyelenggarakan START Summit 2021 untuk mengembangkan talenta digital Indonesia. Acara ini dihadiri 43.955 partisipan dengan 35 pembicara yang berpengalaman di bidang teknologi.

Tokopedia START Summit 2021 hadirkan 43.955 talenta digital

Tokopedia baru saja selesai menggelar START Summit yang kedua kalinya, pada 3 Juli lalu. START Summit merupakan wadah untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, serta terobosan terbaru yang dihadirkan oleh Tokopedia. Melalui wadah yang mengangkat tema Transforming Indonesia Through Technology Together, perusahaan kembali mengajak para pegiat teknologi untuk berkumpul dan mengembangkan pengetahuan secara langsung dengan para ahli teknologi di Tokopedia.

Dalam START Summit 2021, Tokopedia berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan talenta digital Indonesia. Tokopedia menghadirkan para pembicara dan praktisi di bidang teknologi untuk membagikan pengalaman dan pengetahuannya kepada lebih dari 43,955 partisipan, yang hadir secara virtual melalui situs Tokopedia Academy. Konferensi yang berlangsung selama satu hari ini menghadirkan lebih dari 35 pembicara dengan pembahasan yang beragam.

Berbagai pembahasan itu di sajikan melalui sesi Breakout stages yang mencakup tiga pilar utama pada inovasi Tokopedia yakni Core Engineering, Infrastructure & Productivity, dan Data. Penonton yang hadir dapat terlihat melalui sesi tanya jawab yang interaktif setelah masing-masing sesi breakout berakhir. Beragam pembahasan seputar sistem Programing, Multi-Cloud, hingga Data Analytics telah dikupas pada acara tersebut.

Latar belakang penyelenggaraan START SUMMIT 2021 karena terdapat transformasi digital yang berjalan sangat cepat di masa pandemi, dimana telah banyak melahirkan talenta digital. Leontinus Alpha Edison, Vice Chairman & Co-Founder Tokopedia pada pembukaan acara mengatakan apabila pada akhirnya untuk dapat memenuhi tantangan di masa transformasi digital yang berakselerasi dengan cepat, membutuhkan talenta-talenta tangguh yang dapat membangun eksosistem digital.

“Kami memahami bahwa transformasi digital berkaitan dengan talenta, ketika para talenta sudah siap dan mumpuni, kita bisa lebih cepat membangun ekosistem industri teknologi yang lebih maju dan mampu bersaing secara global,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya kebutuhan atas talenta digital yang siap dan mumpuni, diperlukan suatu upaya kolaboratif dan keterbukaan atas akses pengetahuan. Leontinus menambahkan jika Tokopedia telah menjadi bagian dari upaya tersebut dengan menyajikan Tokopedia Academy, dengan menyajikan berbagai rangkaian acara sebagai sumber pengetahuan untuk mengembangkan talenta digital, yang diantaranya termasuk START SUMMIT.

Penyelenggaraan START Summit 2021 juga mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia. Melalui Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengatakan apabila dalam 15 tahun kedepan, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital yang terlatih di tingkat menengah dan lanjutan. Talenta ini dibutuhkan untuk menjamin keberlanjutan dan keberlangsungan dari transformasi digital di Indonesia. Oleh karena itu, perlu dilakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menghasilkan talenta digital yang terlatih.

“Di era yang semakin digital seperti saat ini, platform digital seperti Tokopedia harus juga mengambil bagian dalam kolaborasi anak bangsa memenuhi kebutuhan talenta digital nasional kita,” kata Jhonny.

Dengan diadakannya START Summit 2021, ia juga berharap wadah ini akan menjadi ajang untuk mempelajari dan memahami berbagai hal yang dapat menunjang keberlanjutan tranformasi digital Indonesia. Selain itu, kegiatan serupa yang diselenggarakan Tokopedia Academy juga diharapkan dapat ditingkatkan.

Sementara itu, START Summit 2021 ini merupakan salah satu upaya dari langkah strategis. Sejauh ini, Tokopedia Academy sebagai badan induk yang menyelenggarakan acara tersebut, telah menghadirkan keterbukaan akses terhadap pengetahuan di bidang teknologi untuk semua kalangan. Perlu diketahui, Situs Tokopedia Academy telah dikunjungi lebih dari 220,000 kali selama 6 bulan terakhir, dengan bekerjasama dengan lebih dari 21 mitra untuk menyediakan lebih dari 180 materi belajar melalui video dan artikel.

Kedepannya, Tokopedia berharap agar dapat menjadi jembatan penghubung untuk seluruh masyarakat yang ingin mengambil bagian dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi lewat pemanfaatan teknologi. Lewat Tokopedia Academy, Tokopedia konsisten untuk menghadirkan rangkaian program demi mewujudkan misi tersebut.

Tag
Share
×
tekid
back to top