sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 28 Jul 2022 15:01 WIB

Tips agar smartphone tak cepat panas saat main gim

Saat mengalami overheat, smartphone secara otomatis akan melambatkan kinerjanya agar tidak mengalami kerusakan.

Tips agar smartphone tak cepat panas saat main gim

Melalui perkembangan teknologi yang semakin pesat, ponsel kini bukan hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi. Berbagai altivitas lain seperti mendengarkan musik, menonton film hingga membaca buku juga bisa dilakukan melalui perangkat seluler tersebut. 

Selain itu, ponsel pintar juga sering dipakai pengguna untuk memainkan berbagai jenis gim dengan kebutuhan grafis dari rendah hingga tinggi. Saat ini banyak gim mobile yang bisa diakses oleh pengguna seperti PUBG, Mobile LegendsFree Fire, dan lainnya. 

Ketika bermain gim dalam kurun waktu yang lama, tentunya smartphone akan mengalami peningkatan suhu hingga overheat. Sehingga sistem secara otomatis akan melambatkan kinerja ponsel untuk mengendalikan panas agar tidak merusak komponen dalam perangkat. 

Bahkan, ponsel dapat mengalami berbagai masalah serius ketika melewati batas suhu normal yang ditentukan. Mulai dari performa yang menurun hingga berpotensi mati total karena adanya komponen dalam perangkat yang rusak akibat suhu panas tersebut. 

Lantas, bagaimana cara agar smartphone tak cepat panas ketika bermain gim? Berikut ini tips yang dapat diterapkan oleh pengguna. 

1. Ubah pengaturan smartphone

Pengaturan perangkat untuk aplikasi termasuk gim dapat memberikan dampak pada kinerja hingga suhu ponsel. Untuk itu, pengguna dapat mengubah pengaturan smartphone seperti menurunkan kecerahan layar ataupun penyesuaian grafis. Sehingga suhu ponsel akan tetap terjaga meskipun tengah digunakan untuk bermain gim. 

2. Tutup aplikasi yang tidak digunakan 

Biasanya, beberapa aplikasi masih akan berjalan di latar belakang ponsel meskipun perangkat tengah digunakan untuk bermain gim. Padahal, ketika digunakan untuk gaming, hampir keseluruhan kinerja ponsel akan diarahkan ke aplikasi permainan tersebut. 

Agar suhu tidak cepat panas ketika sedang digunakan bermain gim, pengguna dapat menutup aplikasi lain yang tidak digunakan. Ini dapat membantu smartphone untuk memberikan kinerja terbaiknya dalam bermain gim. 

3. Istirahatkan perangkat sejenak

Durasi bermain gim yang cukup lama menjadi salah satu alasan suhu smartphone meningkat dan mengakibatkan kinerjanya berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya pengguna memberikan jeda waktu untuk perangkat pintar ini beristirahat. 

4. Bersihkan ruang penyimpanan

Tips terakhir untuk membuat smartphone tidak cepat panas yaitu dengan membersihkan ruang penyimpanannya. Sebab, seringkali ruang penyimpanan dalam ponsel penuh karena berbagai aplikasi ataupun data yang tidak pernah digunakan. 

Dengan melakukan pembersihan secara berkala, maka kinerja ponsel akan tetap terjaga karena kapasitas penyimpanan masih tersedia. Sehingga suhu perangkat pun dapat tetap terkendali dalam waktu yang lebih lama. 
 

Share
×
tekid
back to top