sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 14 Mei 2024 14:09 WIB

TikTok uji coba hasil pencarian AI generatif, "AI Search Highlights"

Fitur yang dinamakan "AI Search Highlights" ini menampilkan hasil pencarian yang dihasilkan oleh AI di bagian atas halaman.

TikTok uji coba hasil pencarian AI generatif,

TikTok mulai menguji coba fitur baru pada halaman hasil pencariannya dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI) generatif. Dikutip dari The Verga (14/5), fitur yang dinamakan "AI Search Highlights" ini menampilkan hasil pencarian yang dihasilkan oleh AI di bagian atas halaman, memberikan pengguna jawaban instan untuk berbagai pertanyaan.

AI smart search di TikTok

Dalam pengujian awal, fitur ini memperlihatkan jawaban AI untuk beberapa pertanyaan populer seperti resep makanan atau rekomendasi produk teknologi terbaru. Ketika pengguna mengklik hasil AI tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman penuh yang menampilkan jawaban lengkap.

Sebuah penjelasan di halaman hasil pencarian menyebutkan bahwa materi ini dihasilkan menggunakan ChatGPT. TikTok menjelaskan bahwa hasil AI ditampilkan “ketika algoritma menemukan relevansi dengan pencarian pengguna.” Namun, fitur ini masih terbatas dan tidak semua pertanyaan mendapatkan jawaban dari AI.

Hasil yang tidak jelas sumbernya

Selain AI, TikTok juga memperkenalkan "Search Highlights" yang muncul di bagian atas hasil pencarian. Berbeda dengan hasil AI, tidak ada label yang menunjukkan bahwa ini adalah hasil generatif, dan sumber informasi ini belum jelas, apakah berasal dari ringkasan video atau sumber lainnya. Hingga saat ini, TikTok belum memberikan komentar resmi mengenai sumber informasi dari "Search Highlights."

Upaya TikTok menggali kebiasaan pengguna

Penambahan fitur ini merupakan bagian dari upaya TikTok untuk meningkatkan fungsi pencarian dalam aplikasinya. Tahun lalu, TikTok mulai menguji coba penambahan hasil pencarian Google di halaman hasil pencarian dalam aplikasi, yang berfungsi sebagai tautan langsung ke Google. TikTok juga bereksperimen dengan menambahkan tautan ke Wikipedia, IMDb, dan situs web lainnya.

TikTok berusaha memanfaatkan kebiasaan pengguna muda yang semakin sering menggunakan platform ini sebagai mesin pencari alternatif. Banyak pengguna muda lebih memilih mencari rekomendasi restoran atau produk langsung di TikTok daripada menggunakan Google Search. Dengan menampilkan hasil AI di atas konten kreator, TikTok tampaknya ingin memperkuat posisinya sebagai platform pencarian yang andal.

Pengujian fitur baru ini menunjukkan langkah signifikan TikTok dalam memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab mengenai sumber dan akurasi informasi yang ditampilkan. TikTok diharapkan memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur baru ini.

Share
×
tekid
back to top