sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Selasa, 07 Nov 2023 09:04 WIB

Tesla akan produksi mobil listrik murah seharga Rp400 jutaan

Proyek “Tesla Terjangkau” Elon Musk yang akan datang bertujuan untuk memecahkan masalah harga mobil listrik dengan membuat kendaraan listrik lebih terjangkau.

Tesla akan produksi mobil listrik murah seharga Rp400 jutaan

Kendaraan listrik menjadi semakin populer karena lebih hemat biaya dan memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan kendaraan bertenaga bensin. Namun, harganya juga lebih mahal untuk dibeli saat ini. Proyek “Tesla Terjangkau” Elon Musk yang akan datang bertujuan untuk memecahkan masalah ini dengan membuat kendaraan listrik lebih terjangkau.

Tesla memproduksi kendaraannya secara global dengan pabrik yang dikenal sebagai Gigafactory, yang berlokasi di Nevada, Shanghai, Texas, dan Berlin, untuk melayani pelanggan di seluruh dunia. Baru-baru ini, pabrik di Berlin mendapat perhatian karena klaim yang menarik. Dilansir dari Gizmochina (7/11), perusahaan yang bertujuan memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau ini akan segera memulai produksinya di Jerman.

Harga model Tesla terjangkau tersebut adalah 25.000 Euro (Rp417 juta). Sebagai gambaran, pada tahun 2023, harga rata-rata mobil listrik di Eropa adalah sekitar 65.000 Euro (Rp1 miliar). Bahkan di pasar mobil listrik terbesar di dunia, harganya berkisar sekitar 31.000 Euro (Rp517 juta), meskipun ada persaingan dari pabrikan seperti BYD dan Xpeng.

Sayangnya, pihak yang membocorkan kabar Tesla yang terjangkau itu tidak merinci lebih lanjut terkait hal tersebut. Oleh karena itu, tidak diketahui kapan produksi akan dimulai dan di mana kendaraan tersebut akan dijual pertama kali. Kendati demikian, spekulasi mengarah ke pasar Tiongkok yang sangat kompetitif sebagai titik awal.

Pasar kendaraan listrik Tiongkok melanjutkan pertumbuhannya yang kuat pada Oktober 2023, dengan penjualan mencapai rekor baru. Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok melaporkan bahwa penjualan ritel kendaraan listrik pada bulan Oktober mencapai 640.000 unit, naik 95,3% dari tahun ke tahun. Ini merupakan angka penjualan bulanan tertinggi untuk kendaraan listrik di Tiongkok.

BYD tetap menjadi merek kendaraan listrik terlaris di Tiongkok pada bulan Oktober, dengan penjualan 301.095 unit. Angka ini naik 5% dari bulan September dan 38,4% dari tahun sebelumnya. Tesla berada di posisi kedua dengan penjualan 72.115 unit, turun 2,6% dari September namun naik 0,6% dari tahun sebelumnya.

Share
×
tekid
back to top