sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
Rabu, 25 Mar 2020 14:03 WIB

Telkomsel, Smartfren, XL Axiata ubah nama jaringan demi cegah corona

Sejumlah operator seluler di Indonesia menyerukan pengguna agar tetap di rumah guna mendukung himbauan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah.

Telkomsel, Smartfren, XL Axiata ubah nama jaringan demi cegah corona

Sejumlah operator seluler di Indonesia menyerukan pengguna agar tetap di rumah guna mendukung himbauan pemerintah untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Menariknya himbauan itu disampaikan operator melalui fitur nama jaringan (network name) yang tampil di ponsel pengguna.

Telkomsel misalnya menampilkan network name "Tsel-DiRumahaAja". Denny Abidin – Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan upaya itu merupakan bentuk sosialisasi untuk mencegah penularan virus corona.

"Telkomsel membantu sosialisasi himbauan Pemerintah RI untuk masyarakat dapat beraktifitas (belajar, bekerja dan beribadah) Di Rumah Saja dengan memanfaatkan fitur Network Name yang tersedia di seluruh perangkat smartphone/gawai. Telkomsel akan selalu berdampingan dengan Pemerintah RI untuk bersama menjaga Indonesia dan mengatasi penyebaran Virus COVID-19," kata Denny.

Penggunaan fitur network name oleh Telkomsel sudah dimulai sejak 24 Maret 2020. Fitur ini disebut akan digunakan hingga kondisi penanganan pandemi COVID-19 sudah dinyatakan membaik oleh pemerintah.

Smartfren juga melakukan hal serupa dengan menampilkan operator ID Smartfren – Stay Safe. Upaya ini merupakan imbauan khusus dari Smartfren untuk berhati-hati dan tetap waspada agar terhindar dari paparan virus COVID-19 dengan melakukan physical distancing (menjaga jarak) dengan orang lain.

"Kami merasa, perang melawan COVID-19 ini adalah tugas bersama yang harus dipikul semuanya. Tujuan menambahkan pesan yang sifatnya mengajak melalui Operator ID ini adalah untuk mengingatkan kepada pelanggan kami untuk berperan aktif dan tetap menjaga diri dari penyebaran wabah covid-19, senada dengan anjuran pemerintah dalam melakukan physical distancing supaya tetap aman dan tidak terjangkit virus tersebut," kata Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys.

Fitur network name ini juga dimanfaatkan oleh XL Axiata dengan penambahan nama #DiRumahLebihBaik. "XL Axiata berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah melakukan edukasi/himbauan kepada masyarakat untuk menjaga jarak sosial termasuk menghindari  aktivitas di luar rumah guna menghindari potensi penyebaran virus Corona (Covid-19). Upaya ini kami wujudkan dengan melakukan menyampaikan pesan #DiRumahLebihBaik kepada pelanggan dan masyarakat, termasuk melalui dengan merubah tampilan nama jaringan di layar ponsel sebagai salah satu sarana edukasi kepada pelanggan dan masyarakat secara umum," kata  Tri Wahyuningsih - Group Head Corporate Communication XL Axiata.

Indosat Ooredoo juga melakukan upaya serupa. Sejumlah pengguna mendapati nama jaringan mereka berubah menjadi IM3 #TetapSehat. Namun demikian tak semua pengguna mendapati perubahan nama jaringan di layar ponsel mereka. Begitu pula dengan pengguna operator Telkomsel, Smartfren maupun XL Axiata. Ada kemungkinan penggunaan fitur network name ini diterapkan secara bertahap.

Share
×
img
×
tekid
back to top