sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Rabu, 02 Des 2020 15:58 WIB

Telkom luncurkan solusi big data analytics BigBox

Menyadari kebutuhan akan data dan pengelolaan data yang terus berkembang, Telkom Indonesia meluncurkan solusi big data analytics bertajuk BigBox.

Telkom luncurkan solusi big data analytics BigBox

Data menjadi aset penting bagi setiap perusahaan maupun lembaga pemerintahan. Menyadari kebutuhan akan data dan pengelolaan data yang terus berkembang, Telkom Indonesia meluncurkan solusi big data analytics bertajuk BigBox. Layanan ini sekaligus menjadi wujud dukungan Telkom akan program Satu Data Indonesia yang digagas pemerintah.

Program Satu Data Indonesia juga tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yakni kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang terintegrasi, akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi-pakaikan. Inisiatif pemerintah ini ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintahan, tak hanya untuk pengambilan kebijakan tapi juga bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan penyimpanan data saat ini berada di berbagai lokasi sehingga menjadi tantangan untuk mengintegrasikannya. Oleh karena itu, BigBox berupaya menjawab tantangan tersebut.

"Telkom inisiatif meluncurkan BigBox yang merupakan platform data untuk membantu mengintegrasikan, menyimpan data, memastikan data itu dapat dimanfaatkan meskipun dari sumber yang berbeda-beda," kata Ririek dalam peluncuran BigBox secara virtual (2/12).

Contoh penggunaan BigBox yang dapat diterapkan dalam program Satu Data Indonesia seperti kredit scoring yang tak perlu lagi survei secara manual hingga pendistribusian bantuan sosial yang dapat dibuat menjadi lebih efisien. 

Lebih lanjut, BigBox merupakan end-to-end big data platform, produk dari Amoeba sebagai inkubasi model startup internal perusahaan. Layanan ini dilengkapi dengan delapan modul mencakup BigLake, BigSpider, BigAction, BigSearch, BigQuery, BigBuilder, BigFlow, dan BigEnvelope. Selain itu, BigBox juga memiliki vertical platform, yaitu social media analytic platform (BigSocial), e- commerce analytic platform (BigCommerce) dan one data management platform (BigOne). Khusus untuk BigOne, akan diusung oleh Telkom untuk menjadi platform Satu Data Indonesia, secara nasional. 

Meski baru diluncurkan, selama pengembangannya, BigBox telah diuji di berbagai use case implementasi big data. Beberapa di antaranya, seperti proyek yang mengintegrasikan 5.518 sumber data SPBU, bahkan telah mengantarkan BigBox meraih penghargaan nasional dan internasional. 

Share
×
tekid
back to top