Teleskop terbesar di dunia sebentar lagi selesai dibuat

Teleskop yang bernama Giant Magellan Telescope (GMT) ini diinformasikan akan memberikan gambar 10 kali lebih jelas dibandingkan dengan Hubble Space Telescope.

Teleskop terbesar di dunia sebentar lagi selesai dibuat Source: GMTO via Engadget

Sebentar lagi teleskop terbesar di dunia akan segera selesai dibuat. Mulai pada bulan Juli, tim yang bekerja pada Giant Magellan Telescope (GMT) menyelesaikan cermin kedua dari tujuh segmen cermin primer, sebuah proses yang dimulai pada Januari tahun 2012.

GMT sendiri merupakan upaya internasional untuk membuat teleskop yang memberikan gambar 10 kali lebih jelas jika dibandingkan dengan Hubble Space Telescope. Ketika sudah aktif dan beroperasi, GMT akan membantu para ilmuwan menangani beberapa pertanyaan terbesar, seperti ‘adakah makhluk hidup selain di planet bumi?’. Ini akan memungkinkan para astronom untuk mengumpulkan lebih banyak cahaya daripada teleskop yang pernah dibuat pada resolusi tertinggi.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Elon Musk: Perlu 20 tahun untuk bangun kota di Mars

NASA gunakan satelit pelajari perbatasan Bumi dan antariksa

NASA setujui proposal modul pendaratan berisi manusia


Tetapi pencapaian ini bukanlah tugas yang mudah. Tim tersebut melakukan pemasangan pertama pada tahun 2015, dan teleskop diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2027. Waktu yang cukup panjang ini sebagian karena kompleksitas cermin. Setiap segmen primer melengkung ke bentuk yang tepat dan disempurnakan dalam panjang gelombang cahaya – sepersejuta inci. Berkat cetakan berbentuk sarang lebah yang rumit, kaca yang sudah jadi sebagian besar berlubang, membuatnya lebih ringan dan lebih mudah dingin.

Meski segmen kedua ini memakan waktu selama tujuh tahun, University of Arizona secara signifikan mampu mempercepat proses penyempurnaan permukaan depan. Tim GMT berharap mereplikasi teknik ini akan membantu segmen masa depan melalui produksi lebih cepat. Demikian dilansir dari Engadget (31/7).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: