sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Jumat, 20 Nov 2020 11:36 WIB

Stadia akan meluncur di iOS dalam waktu dekat

Google Stadia akhirnya akan hadir di platform iOS dalam waktu dekat. Raksasa teknologi ini akan melakukan uji coba dalam beberapa minggu mendatang.

Stadia akan meluncur di iOS dalam waktu dekat
Source: Google

Stadia akhirnya dipastikan hadir di platform iOS. Setelah menjalani drama, bersama dengan beberapa pengembang lainnya, Google mengonfirmasi Stadia akan hadir dalam bentuk aplikasi web melalui Safari. Langkah ini mirip dengan yang dilakukan Microsoft dengan xCloud.

Sebagaimana diketahui, layanan streaming gim menghadapi rintangan untuk dapat eksis di platform iOS. Alasannya, kebijakan Apple melarang aplikasi untuk menjalankan streaming gim di platform-nya. Belakangan, Apple sedikit melunak. Namun perusahaan ini mengharuskan setiap gim didaftarkan secara mandiri di App Store agar bisa mendapatkan review dari pengguna. 

Kebijakan baru itu dinilai tidak menguntungkan. Microsoft kala itu angkat bicara terkait kebijakan tersebut. Karenanya, alih-alih menghadirkan aplikasi xCloud di App Store, Microsoft memilih jalan aplikasi web untuk bisa eksis di iOS. Nah, Google pun demikian. 

Meski langkah ini sudah didahului oleh Microsoft, Google tampaknya ingin mencuri start dari pesaingnya itu. Google menyatakan bahwa uji coba Stadia di iOS akan berlangsung dalam beberapa minggu ke depan. Sementara Microsoft baru akan melakukannya tahun depan. 

Dilansir dari TheVerge (20/11), uji coba ini tampaknya bertepatan dengan satu tahun hadirnya Stadia. Google menggunakan momen ini untuk mempromosikan Stadia. Sayangnya sampai saat ini, Google tidak mengungkap berapa banyak orang yang sudah mendaftar Stadia atau berlangganan Stadia Pro. Meski begitu, raksasa teknologi ini mengatakan telah memperkenalkan lebih dari 80 gim dalam 12 bulan belakangan ini. Perusahaan ini sendiri berencana untuk memberikan dukungan 135 judul gim hingga akhir tahun ini. 

Google juga mengumumkan bahwa gim gratis pertama akan hadir di Stadia. Hal ini memperkuat kabar bahwa gim Destiny 2 akan dapat dimainkan oleh seluruh pengguna Stadia. Asalkan memiliki akun, meski tidak berlangganan, gim ini tetap dapat dimainkan. 

Beberapa fitur baru juga diluncurkan Google untuk menarik minat pengguna Stadia. Salah satunya adalah kemampuan untuk berbagi gim ke anggota keluarga yang terdaftar di Google Family Group. Singkatnya, meski seseorang tidak memiliki gim yang dibagikan, asalkan terdaftar di Google Family Group, mereka akan dapat memainkannya. 
 

Share
×
tekid
back to top