Singapore Airlines dan Salesforce tawarkan layanan berbasis AI untuk sektor aviasi
Singapore Airlines (SIA) dan Salesforce berkolaborasi untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan mengintegrasikan teknologi AI canggih.

Singapore Airlines (SIA) dan Salesforce berkolaborasi untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan mengintegrasikan teknologi AI canggih. Integrasi Agentforce, Einstein in Service Cloud, dan Data Cloud ke dalam sistem manajemen kasus pelanggan SIA bertujuan memberikan pengalaman yang lebih personal, konsisten, dan terintegrasi.
Kedua perusahaan juga berencana mengembangkan solusi AI inovatif untuk industri penerbangan di pusat Salesforce AI Research di Singapura. Tujuannya adalah menciptakan nilai tambah dan manfaat signifikan bagi seluruh sektor penerbangan.
SIA akan memanfaatkan Agentforce, sistem AI berbasis agen otonom, untuk menyederhanakan operasional layanan pelanggan. Dengan begitu, perwakilan layanan pelanggan dapat fokus memberikan perhatian yang lebih personal dalam setiap interaksi. Agentforce didukung oleh Data Cloud, yang mengonsolidasikan data relevan untuk meningkatkan dukungan AI bagi perwakilan layanan pelanggan, memungkinkan penyediaan saran dan solusi yang lebih tepat.
Selain itu, SIA akan menggunakan kemampuan AI generatif Einstein dalam Service Cloud untuk merangkum riwayat interaksi pelanggan dengan maskapai. Teknologi ini juga menyediakan panduan bantuan, memungkinkan perwakilan layanan pelanggan memahami dan mengantisipasi kebutuhan pelanggan serta menawarkan solusi yang lebih efisien, proaktif, dan personal. Hal ini diharapkan dapat mengurangi waktu respons rata-rata.
Goh Choon Phong, CEO Singapore Airlines, menekankan komitmen perusahaannya untuk berinvestasi dalam teknologi yang relevan guna meningkatkan pengalaman pelanggan, efisiensi operasional, pertumbuhan pendapatan, dan produktivitas karyawan. SIA Group telah menjadi pelopor dalam penerapan solusi AI generatif, dengan mengembangkan lebih dari 250 contoh kasus dalam 18 bulan terakhir dan menerapkan sekitar 50 inisiatif di seluruh operasional.
Marc Benioff, Chair dan CEO Salesforce, menyatakan bahwa tenaga kerja digital yang didukung oleh agen AI otonom akan merevolusi pengalaman pelanggan dan mentransformasi bisnis. Kemitraan dengan Singapore Airlines ini bertujuan untuk membawa layanan pelanggan ke tingkat yang lebih tinggi, memperkuat tenaga kerja, dan berkolaborasi dalam solusi AI inovatif untuk industri penerbangan.
Kolaborasi ini diharapkan dapat menetapkan standar baru dalam keunggulan layanan di industri penerbangan, membuka peluang baru dalam produktivitas, inovasi, dan pertumbuhan.