sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Minggu, 09 Jun 2024 08:28 WIB

Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal dan UMKM

Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, terus berinovasi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan menarik bagi para penggunanya.

Shopee Live jadi pilihan utama brand lokal dan UMKM

Shopee, sebagai salah satu platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, terus berinovasi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan menarik bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang menjadi sorotan adalah Shopee Live, sebuah platform live streaming yang memungkinkan penjual untuk berinteraksi langsung dengan konsumen.

Fitur tersebut telah menjadi pilihan utama bagi banyak brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produk mereka. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Shopee Live masih menjadi fitur favorit bagi brand lokal dan UMKM.

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain adalah:

- Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).

- Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%)

- Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%.

“Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya”, kata Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma.

Share
×
tekid
back to top