sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
Senin, 21 Des 2020 10:30 WIB

Shigeru Miyamoto menyayangkan kekerasan pada video gim

Shigeru Miyamoto yang dikenal sebagai desainer video game Jepang dan produser, menyayangkan kekerasan pada video gim yang kini kian populer.

Shigeru Miyamoto menyayangkan kekerasan pada video gim
Source: via Pinterest

Nama Shigeru Miyamoto tentunya sudah tidak asing lagi pada industri gim konsol, khususnya Nintendo karena telah berperan penting dalam perkembangannya. Ia adalah produser serta kreator gim-gim legendaris yang di antaranya merupakan gim dengan penjualan terbaik. Di samping itu, salah satu hal yang paling menonjol dari seorang Miyamoto adalah kepeduliannya pada orang-orang yang bermain gim. Belum lama ini, dirinya menyampaikan rasa kecewanya da menyayangkan maraknya kekerasan yang terjadi di dalam video gim.

Sebuah wawancara oleh New Yorker yang dilansir dari GameRant (21/12), mengungkapkan perasaan Miyamoto terkait kekerasan pada video game. Pada gim GoldenEye 007 contohnya, Miyamoto mengatakan bahwa sebenarnya ia tidak menyukai bagaimana Bond (karakter dalam gim) membunuh banyak orang, meskipun mereka adalah kriminal. Untuk diketahui, GoldenEye 007 merupakan gim yang diangkat dari film James Bond Golden Eye. Pemain akan berperan sebagai agen Bond dan mengalahkan para kriminal.

Meskipun Miyamoto mengakui kalau permainan menembak dan melempar barang memberikan keseruan tersendiri dalam bermain gim, namun setidaknya ia menyarankan agar pengembang gim menemukan cara lain untuk mendapatkan kegembiraan tersebut. Tidak hanya itu, Miyamoto juga menjelaskan bagaimana seorang pembuat film dan gim atau penulis harus dapat membayangkan bagaimana dampak kemanusian dari tindakan yang ada di dalam karyanya.

Pada 2006, sebuah studi kecil dilakukan oleh peneliti Indiana University terkait dampak pada kekerasan di video gim. Studi menemukan bahwa remaja hang memainkan video gim dengan kekesaran di dalamnya menunjukkan tingkat gairah emosional yang lebih tinggi. Tetapi, bagian otak yang terkait dengan kemampuan untuk merencanakan, mengontrol, dan mengarahkan perilaku dan pikiran akan bekerja lebih lamban, seperti dilaporkan ABC News (21/12).

"Akan sangat bagus jika pembuat video gim mengambil lebih banyak langkah untuk membuat perspektif, daripada selalu memperlihatkan suatu adegan dengan sudut pandang yang terlalu jelas," kata Miyamoto. Pencipta gim Mario Bros ini berharap dapat mengubah perspektif desain gim saat ini sehingga orang lebih bijaksana dan baik terhadap satu sama lain.

Share
×
tekid
back to top