Semua model iPhone 2018 dilengkapi Face ID

Semua model iPhone baru di 2018 akan dibekali fitur pemindai wajah 3D, atau disebut Apple sebagai fitur Face ID

Semua model iPhone 2018 dilengkapi Face ID (Foto: BGR)

Semua model iPhone baru di 2018 akan dibekali fitur pemindai wajah 3D, atau disebut Apple sebagai fitur Face ID. Rumor ini kini kembali mencuat dari analis Loup Ventures, Gene Munster menyatakan hal yang sama. Analis ini sebelumnya menganalisa laporan laba kuartal kedua sebuah perusahaan bernama Lumentum.

Lumentum sendiri merupakan sumber utama Apple yang menyokong teknologi Vertical Cavity Surface Emitting Laser (VCSEL), yang digunakan dalam kamera TrueDepth di iPhone X. Dilansir Phone Arena, kamera itu digunakan untuk penginderaan 3D hingga Augmented Reality (AR).


BACA JUGA

Pengguna iPhone XS gugat Apple karena notch

Dukungan eSIM di iPhone XS dan XR ternyata mubazir

Ini pembeli pertama iPhone XR di Indonesia


Munster dalam sebuah catatan mengatakan, Apple meningkatkan produksi VCSEL pada musim gugur ini. Klaimnya itu didasarkan pada pendapatan yang lebih tinggi, yang diprediksi dilaporkan Lumentum pada selama kuartal kedua dan kuartal ketiga. Hal ini menurut Munster menunjukkan peningkatan dalam hal produksi VCSEL yang bersumber dari Apple. Dia lantas merujuk ketiga model iPhone 2018 akan menggunakan kamera TrueDepth dan menawarkan Face ID.

Angka yang dilaporkan Lumentum tidak hanya menjadi pertanda baik untuk penjualan iPhone X saat ini, namun juga membuktikan bahwa Apple masih mengedepankan AR. Selain tiga model iPhone baru, Munster mengatakan kamera TrueDepth dan fitur Face ID juga akan melengkapi iPad di masa mendatang.

"Kami mengantisipasi penginderaan 3D hanya akan menghadap ke depan pada iPhone baru dan percaya Apple akan menggabungkan teknologi ini dalam kategori produk baru seperti iPad. Mengingat Lumentum dan pemasok VCSEL lainnya memiliki kapasitas terbatas, kami yakin Apple sekali lagi merupakan mayoritas dari semua produksi VCSEL di 2018, yang akan memperluas keunggulan mereka di AR," kata Gene Munster dalam catatannya.

Rumor terkait kamera TrueDepth dan Face ID yang akan melengkapi iPhone baru memang telah di ungkap analis ternama Ming-Chi Kuo sebelumnya. Kini rumor itu diperkuat oleh hasil analisa Munster. Akankah rumor ini benar-benar terbukti? Kita tunggu saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: