Samsung Pay kini hadir di Indonesia

Alih-alih serupa dengan aplikasi Samsung Pay yang dirilis di India maupun negara lainnya, aplikasi ini dirancang berbeda.

Samsung Pay kini hadir di Indonesia (Foto: Fox Buff)

Bersamaan dengan peluncuran Galaxy A30 dan A50, Samsung Indonesia menyertakan dukungan aplikasi Samsung Pay pada kedua smartphone tersebut. Ini menandai debut pertama Samsung Pay di Tanah Air, setelah sebelumnya hadir diberbagai negara dan diluncurkan kali pertama pada 2015.

Alih-alih serupa dengan aplikasi Samsung Pay yang dirilis di India maupun negara lainnya, aplikasi ini dirancang berbeda. Dikembangkan oleh developer lokal, Samsung Pay di Indonesia dikembangkan menyesuaikan kebutuhan pelanggan Tanah Air.


BACA JUGA

Galaxy A70, seri A punya Samsung yang paling mantap saat ini

Samsung luncurkan Galaxy M40 di India

Galaxy Fold bakal rilis minggu depan


Samsung Pay merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi langsung sehingga proses pembayaran menjadi lebih ringkas. Aplikasi ini masih dalam tahap pengujian beta dengan menggandeng aplikasi dompet digital "Dana". Kendati masih diuji, Samsung Pay sudah tersedia di perangkat Galaxy A30 dan A50.

"Samsung Pay yang kita hadirkan bisa digunakan penyelenggara payment. Memang belum open ke semua, masih pengujian beta," kata Irfan Rinaldi, IM Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia di Jakarta.

Aplikasi ini tidak menyediakan layanan pembayaran independen. Samsung lebih memilih untuk mengembangkan antarmuka dan pengalaman pengguna dalam melakukan pembayaran melalui Samsung Pay." Kita tekankan ke instant access, dengan gesture swipe up baik dari home screen atau saat layar terkunci," ujarnya. 

Untuk saat ini metode pembayaran yang ditawarkan Samsung Pay adalah melalui pemindai kode QR. Pengguna bahkan bisa melakukan pemindaian langsung dari aplikasi kamera untuk memproses pembayaran, tanpa melalui Samsung Pay terlebih dahulu.

Irfan mengatakan Samsung Pay akan terus dikembangkan sembari mengevaluasi hasil pengujian beta. Kemungkinan Samsung Pay akan mampu mengakomodir beberapa aplikasi dompet digital lainnya seperti Ovo maupun LinkAja. Aplikasi ini kedepannya juga direncanakan untuk tersedia di berbagai smartphone Samsung.

Meski mulai merambah ke layanan pembayaran, Irfan menegaskan Samsung tak akan ikut bersaing di bisnis dompet digital. "Enggak, karena core business kita bukan disitu, kita masih di device dan ekosistemnya," kata Irfan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: