Resmi hadir di Indonesia, OneConnect siap rangkul pedagang pasar

OneConnect menawarkan sejumlah teknologi yang mendukung keberlangsungan bisnis fintech di tanah air, salah satunya face recognition.

Resmi hadir di Indonesia, OneConnect siap rangkul pedagang pasar

OneConnect meresmikan debutnya di Indonesia. Perusahaan yang bernaung bersama Ping An Group itu menawarkan solusi teknologi finansial (fintech) bagi institusi perbankan atau finansial lokal di Tanah Air.

OneConnect menawarkan sejumlah teknologi yang mendukung keberlangsungan bisnis fintech. Di antaranya adalah Artificial Intelligence (AI), Blockchain, solusi cloud dan lainnya. Perusahaan mengklaim teknologinya telah teruji setelah diterapkan di China.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kini pengguna bisa bayar JNE pakai Dana

Indonesia Fintech Summit and Expo 2019 resmi dibuka

OVO tunjuk Presiden Direktur baru


Menurut keterangan Hendra Tan, Direktur Utama PT OneConnect Financial Technology Indonesia, dalam keterangannya di Jakarta, "Berbagai teknologi ini akan mendukung bank dan institusi finansial di Indonesia dengan layanan end-to-end yang bisa meningkatkan efisiensi, kemampuan untuk mengontrol risiko dan mengurangi biaya, sehingga institusi finansial lokal dapat mengembangkan layanan dan penawaran mereka,"

Memulai debutnya di Indonesia, OneConnect berniat untuk merangkul pedagang di pasar agar mampu mendapatkan kebutuhan mereka melalui teknologi perusahaan. Selain meresmikan kehadirannya di Indonesia, OneConnect juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo).

Melalui kerja sama tersebut, OneConnect akan menggelar pelatihan dan kunjungan ke pasar-pasar guna membantu pedagang dan kios bertransformasi ke arah digital.

Diakui Ketua Umum Asparindo, Joko Setiyanto, smartphone bukan lagi hal baru bagi para pedagang di pasar. Oleh karenanya sangat memungkinkan bagi mereka untuk mengadopsi teknologi OneConnect. Kendati demikian, Joko mengakui, diperlukan sosialisasi yang lebih aktif agar masyarakat terbiasa.

"Mendidik masyarakat tidak gampang, tapi itu bisa dipermudah asal kita sosialisasi. Ini pasti jalan. Yang penting kegunaan teknologi untuk mereka sampai. Masyarakat tahu kalau adanya teknologi jadi lebih efisien," ujar Joko.

Joko mencontohkan manfaat teknologi OneConnect bagi pedagang adalah ketika mengajukan pinjaman. Ketimbang melalui rentenir, teknologi itu bisa menjembatani konsumen kepada institusi perbankan.

Teknologi yang dipamerkan OneConnect sendiri meliputi blockchain, teknologi biometrik yang mampu mengenali titik wajah pengguna, hingga teknologi pendeteksi kerusakan kendaraan untuk mengidentifikasi dampak kecelakaan lalu lintas, yang bisa dimanfaatkan oleh penyedia asuransi.

Sebagai tahap awal, OneConnect akan gencar memperkenalkan layanannya. Perusahaan juga berkomitmen untuk menyesuaikan teknologinya dengan kondisi di Tanah Air, termasuk mematuhi regulasi seperti membangun pusat data di Indonesia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: