sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Rabu, 27 Nov 2019 20:11 WIB

Realme X2 Pro tawarkan storage UFS 3.0, secanggih apakah itu?

Di Indonesia, belum banyak perangkat smartphone yang dibekali dengan teknologi storage UFS. Sejauh ini, teknologi itu hanya terdapat di perangkat flagship saja.

Realme X2 Pro tawarkan storage UFS 3.0, secanggih apakah itu?
Source: Patardo/ Tek.id

Realme x2 Pro akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Ini merupakan produk flagship pertama dari realme. Sejumlah inovasi dibenamkan di sana, seperti tampilan 90Hz, Snapdragon 855+ dan kapasitas RAM dan ROM yang besar. Realme X2 Pro sendiri hadir dengan kapasitas RAM 12GB dan ROM 256GB, yang menarik adalah tipe storage yang digunakan realme kali ini adalah UFS 3.0. 

Untuk diketahui UFS merupakan singkatan dari Universal Flash Storage. Teknologi ini pertama kali dipakai oleh Samsung tahun 2016. Berbeda dari eMMC (embedded MultiMediaCard), UFS menawarkan bandwidth yang lebih tinggi namun dengan daya yang sama seperti eMMC. 

UFS pada smartphone ibarat SSD pada perangkat PC. Model ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan aktivitas multitasking yang lebih baik. Singkatnya, UFS mampu membaca dan menulis data secara simultan. Berbeda dengan eMMC yang hanya dapat menulis atau membaca data dalam satu waktu saja. 

Di Indonesia, belum banyak smartphone yang dibekali dengan teknologi storage UFS. Sejauh ini, teknologi itu hanya terdapat di perangkat flagship saja. Saat ini UFS 3.0 digunakan di Samsung galaxy Note 10 series. 

Berkaitan dengan itu, Felix Christian, Product Manager realme Indonesia menyatakan bahwa teknologi ini akan berguna ketika membuka file yang sangat besar atau memutar video 4K. 

“Jadi pernah nggak sih ketika membuka foto itu munculnya satu-satu? Nah, yang ini nggak. Itu dia sebenarnya, kita ingin memberikan semua pengalaman yang ada di realme X2 Pro dengan maksimal.” ungkap Felix. 

Untuk diketahui, UFS 3.0 menawarkan kecepatan sequential read sebesar 2100MB/s dan sequential write 410MB/s. Secara teori, model storage ini dapat digunakan untuk mendukung pemutaran video 4k dengan lebih lancar hingga aktivitas bermain gim yang intensif. Bahkan model storage ini juga mendukung penggunaan VR dengan lebih baik dari pada model storage lainnya. 

Yang jelas, sampai saat ini belum banyak vendor yang menggunakan memori UFS 3.0 pada perangkatnya. Namun realme menjadi salah satu vendor yang menghadirkan model storage ini dengan dibanderol harga yang cukup menarik.

Share
×
tekid
back to top