Qualcomm perkenalkan Snapdragon 712, CPU khusus gaming

Qualcomm menyatakan, Snapdragon 712 ini akan memiliki clock Kryo 360 tertinggi dan dengan dukungan Quick charge 4+.

Qualcomm perkenalkan Snapdragon 712, CPU khusus gaming Qualcomm Snapdragon 712 (Qualcomm)

Qualcomm kembali meluncurkan sebuah prosesor terbaru dari keluarga Snapdragon 700. Kali ini, mereka memperkenalkan Snapdragon 712 yang diposisikan sebagai prosesor mobile gaming.

Uniknya, kehadiran prosesor ini adalah untuk menggantikan posisi Snapdragon 660, bukannya menggantikan Snapdragon 710. Hal ini menegaskan bahwa kedepannya, lini prosesor ini akan menjadi lini prosesor gaming mereka.


BACA JUGA

Snapdragon Elite Gaming, janjikan pengalaman gaming terbaik

Chipset Qualcomm Snapdragon dukung kamera 192 MP

Qualcomm punya platform untuk robot dan drone


Perusahaan semikonduktor asal Amerika tersebut menggunakan teknologi fabrikasi 10nm pada seri 700 ini. Wajar, bila mereka tidak menggunakana teknologi fabrikasi 7nm, karena mungkin teknologi itu untuk seri prosesor premium mereka untuk beberapa waktu kedepan.

Inti dari Snapdragon 712 adalah Kryo 360 octacore, yang juga digunakan oleh pada Snapdragon 710. Bedanya, clock dari inti chipset tersebut dinaikkan ke angka 2,3GHz.

“Dalam bermain gim, kecepatan clock tinggi berarti pemrosesan yang lebih cepat dan rendering grafik yang akan membuat segala jenis permainan lainnya berjalan dengan lancar dan bereaksi dengan cepat,” kata Qualcomm.

Di sisi GPU, mereka menyematkan GPU Adreno 616. Mereka menegaskan, GPU ini dirancang khusus untuk memungkinkan gamer menikmati pengalaman bermain gim seperti konsol.

Tak ketinggalan, mereka juga menyematkan teknologi baru dalam prosesor ini. Salah satunya adalah teknologi Quick Charge 4+. Standar pengisian daya baru ini akan membuat perangkat mengisi daya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 15 menit saja.

Ada juga penambahan fitur audio Bluetooth yang lebih baik berkat teknologi TrueWireless Stereo Plus dan Broadcast Audio. Hal ini akan membuat pengalaman multimedia pengguna lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dukungan lain, seperti kamera tidak ada perubahan. Snapdragon 712 ini mendukung konfigurasi sensor ganda 20MP atau kamera 32MP tunggal, dengan teknologi Spectra 250 ISP yang sama. Konfigurasi ini wajar, mengingat prosesor ini memang ditujukan untuk gaming. Namu begitu, hingga saat ini masih belum diketahui vendor mana saja yang akan menggunakan prosesor ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: