Proyektor baru Epson bisa digunakan di ruangan terang

Perusahaan asal Jepang ini baru saja mengumumkan Laser Projection TV LS500 yang hadir dengan layar khusus agar dapat meningkatkan pengalaman menonton pada ruangan terang.

Proyektor baru Epson bisa digunakan di ruangan terang Source: Epson via Engadget

Menonton film menggunakan proyektor memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan lantaran menghadirkan gambar yang lebih besar dibandingkan dengan TV secara umum. Tetapi kualitas gambar proyektor dapat menjadi pudar ketika siang hari atau saat terkena sinar dalam ruangan. Untungnya Epson mempunyai solusi terbaru untuk mengatasi masalah tersebut.

Dilansir dari Engadget (12/9), perusahaan asal Jepang ini baru saja mengumumkan Laser Projection TV LS500 yang hadir dengan layar khusus agar dapat meningkatkan pengalaman menonton pada ruangan terang. Proyektor ini hadir dengan dua ukuran layar, yakni 100 inci dan 120 inci. Selain mengandalkan laser untuk warna yang stabil, layarnya juga memiliki sifat anti-pantul yang secara khusus dirancang untuk proyektor short-throw.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Menjajal kecanggihan proyektor pintar dari BenQ

Viewsonic tawarkan proyektor untuk berkemah

Proyektor Viewsonic X10-4K punya HDR dan speaker Harman Kardon


Epson mendeskripsikan layar tersebut sebagai “penangkal cahaya sekitar”, artinya layar tersebut akan memantulkan cahaya yang datang dari dalam ruangan guna memberikan warna proyeksi yang lebih cerah dan tingkat kehitaman lebih pekat meski di lingkungan terang. Hal ini tentu saja mampu mengurangi salah satu kelemahan terbesar dari proyektor dibandingkan dengan TV.

Tetapi perlu diingat bahwa meski proyektor LS500 diinformasikan mampu menghasilkan gambar beresolusi 4K, panel di dalam proyektor hanya mendukung resolusi HD. Dengan menjalankan refresh rate yang lebih cepat dan memindahkan piksel yang diproyeksikan lebih dari setengah lebar piksel, maka proyektor ini mampu menghasilkan gambar dua kali lipat resolusi HD, yaitu 4K. Epson mengklaim proyektor ini sepenuhnya kompatibel dengan konten 4K.

Spesifikasi pendukung lainnya termasuk dukungan format HDR10 dan HLG agar memberikan kontras tinggi. Tidak ketinggalan pula reproduksi rentang warna Rec.709 yang menjanjikan warna lebih akurat jika dibandingkan dengan proyektor konvensional. Harga yang ditawarkan untuk proyektor Epson LS500 dibanderol mulai dari USD5000 (Rp70 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: