sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 27 Mei 2020 16:15 WIB

Protokol SD 8.0 janjikan kecepatan transfer hingga 3,940 MB/s

Mereka menggunakan teknologi PCIe Gen 4.0 untuk membuat sebuah kartu SD yang memiliki kecepatan transfer data hingga 3,940 MB/s.

Protokol SD 8.0 janjikan kecepatan transfer hingga 3,940 MB/s

Saat ini, perekaman video 4K di sebuah kamera sudah seperti sebuah kewajiban. Bahkan, di kamera kelas atas, saat ini pengguna sudah dapat melakukan perekaman video hingga di kualitas 6K bahkan hingga 8K.

Namun, masih ada kendala bagi para pengguna yang ingin merekam video di resolusi tinggi. Salah satunya adalah kecepatan read/write dari kartu SD yang ada di pasaran masih terbilang tidak terlalu tinggi.

Baru-baru ini, para peneliti berhasil membuat standar kartu SD baru, yakni SD 8.0. Mereka mengklaim, kecepatan write/read dari protokol baru ini akan memiliki kecepatan standar dari PCIe gen 4.0.

Para peneliti mengungkapkan bahwa kecepatan dari protokol ini dapat menyentuh 3,940 MB/s. Tentu saja, kecepatan ini cukup tinggi untuk sebuah kamera untuk dapat merekam video beresolusi besar tanpa masalah, seperti dilaporkan Wccftech (27/5/2020).

Jika dibandingkan dengan standar yang ada saat ini, spesifikasi SD 8.0 memiliki peningkatan kecepatan empat kali lipat dari Kartu SD Express yang memiliki kecepatan 985 MB/s. Selain dapat digunakan sebagai penyimpanan untuk kamera, kartu SD ini juga dapat bersaing dengan SSD PCIe atau NVMe.

"Dengan secara dramatis meningkatkan kecepatan untuk SD Express, kami memberi produsen perangkat dan pengembang sistem lebih banyak pilihan penyimpanan, SD 8.0 bahkan dapat membuka lebih banyak peluang untuk solusi kinerja ekstra tinggi menggunakan kartu memori yang dapat dilepas." kata presiden SDA, Hiroyuki Sakamoto.

Selain itu, mereka juga memastikan pengguna harus memiliki perangkat pembaca yang mendukung dua jalur PCIe 4.0. Jika tidak, pengguna hanya akan mendapatkan kecepatan transfer data di 1,920 MB/s, yang sejujurnya masih jauh lebih cepat dari kartu SD Express atau kartu SD UHS-III saat ini.

Share
×
tekid
back to top