sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Rabu, 24 Jun 2020 19:44 WIB

Google Cloud Platform resmi hadir di Jakarta

Google akhirnya meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) di Jakarta. Upaya ini dilakukan perusahaan untuk membantu mempercepat transformasi digital.

Google Cloud Platform resmi hadir di Jakarta
Source: RTNews

Google akhirnya meluncurkan Google Cloud Platform (GCP) di Jakarta. Upaya ini dilakukan perusahaan untuk membantu pelaku bisnis hingga startup di Indonesia dalam mempercepat transformasi digital. Di Asia Tenggara sendiri, Jakarta merupakan lokasi kedua untuk GCP setelah sebelumnya diluncurkan di Singapura.

"Ini hanyalah sebagian cara kami membangun Google yang lebih bermanfaat bagi Indonesia. Hari ini kami dengan bangga mengumumkan upaya kami berikutnya, pembukaan Google Cloud region di Jakarta. Region baru ini akan lebih mempermudah dan mempercepat perusahaan besar atau kecil untuk menggunakan AI dan data analytics kami," kata CEO Google dan Alphabet - Sundar Pichai dalam peluncuran Google Cloud Platform Jakarta secara virtual. 

Selain membantu transformasi digital, GCP juga diklaim akan membantu pelanggan memenuhi persyaratan regulasi dan kepatuhan tertentu, hingga menyediakan lebih banyak opsi pemulihan bencana bagi pelanggan di APAC. Secara total, Google Cloud kini menawarkan 24 region dan 73 zona di 17 negara di seluruh dunia.

Dalam kesempatan yang sama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan upaya Google penting dalam hal pengembangan teknologi digital di Indonesia. Namun demikian Johhny menekankan pentingnya peranan pusat data milik Google tersebut dalam memperkuat keamanan dan privasi data.

"Pemerintah Indonesia berharap kehadiran pusat data ini dapat turut memperkokoh keamanan dan privasi data, meningkatkan kemajuan ekonomi digital, dan di saat bersamaan juga mampu mempertajam penerapan berbagai macam teknologi digital seperti Data Analytics, Artificial Intelligence, Machine Learning, dan sebagainya," katanya.

GCP region Jakarta diluncurkan dengan sejumlah layanan termasuk Compute Engine, Google Kubernetes Engine, Cloud SQL, Cloud Storage, Cloud Spanner, Cloud Bigtable, dan BigQuery. Para developer, data scientist, dan data engineer juga dapat memanfaatkan solusi machine learning dan AI Google untuk membawa project mereka dari ide hingga deployment secara cepat dan hemat biaya. 

Pelanggan hybrid cloud pun dapat mengintegrasikan deployment yang baru dan yang sudah ada dengan bantuan ekosistem partner lokal Google, serta melalui banyak lokasi Dedicated Interconnect.

Selain meluncurkan region cloud baru di Jakarta, Google juga mengumumkan komitmen untuk membantu mengembangkan talenta yang siap membantu transformasi digital. Di tahun ini, Google akan mengadakan 150.000 lab pelatihan langsung di Indonesia. Ini mencakup akses untuk mendapatkan sesi pelatihan dan kredit GCP secara gratis, serangkaian inisiatif kesiapan karier seperti Juara GCP, pelatihan Cloud OnBoard dan beasiswa digital dari Kemenkominfo untuk membantu mendapatkan sertifikasi GCP.

Share
back to top