Porsche uji coba SUV listrik dengan empat motor

Pembaruan tersebut bukan hanya sekedar ingin meningkatkan kecepatan. Tetapi juga agar lebih berfokus pada kontrol dan kestabilan.

Porsche uji coba SUV listrik dengan empat motor Source: Porsche via Engadget

Beberapa waktu lalu, Porsche secara resmi mengumumkan mobil listrik pertama mereka dengan nama Taycan. Mobil bertenaga baterai ini dilengkapi dengan sistem drivetrain all-wheel-drive (AWD) dan diklaim unggul dalam berakselerasi karena dapat menempuh kecepatan 100km/jam dari keadaan diam dalam tempo kurang dari 3 detik.

Mobil listrik dari pabrikan tersebut menggunakan konfigurasi motor listrik ganda demi menghasilkan tenaga 750 HP. Dilansir dari Engadget (8/12), pabrikan otomotif mewah asal Jerman tersebut kini sedang mengembangkan versi mobil SUV listrik yang lebih andal dengan menyematkan empat motor listrik.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Toyota mulai ekspansi ke kancah kendaraan listrik terbang

Mobil listrik ini diproduksi dari hasil daur ulang

Mobil listrik Nissan Leaf 2020 utamakan keselamatan


Pembaruan tersebut bukan hanya sekedar ingin meningkatkan kecepatan. Tetapi juga agar lebih berfokus pada kontrol dan kestabilan. Satu motor listrik setiap roda memungkinkan Porsche dengan cepat menggeser distribusi daya berdasarkan tempat yang dibutuhkan, baik untuk mengatasi jalan yang licin atau berbelok di tikungan tajam dengan kecepatan tinggi.

Porsche mengklaim SUV listrik ini bakal memiliki kelincahan mirip dengan mobil sport. Teknologi tersebut tidak memerlukan sensor tambahan, dan kontrol software dalam mendistribusikan kembali daya “dalam hitungan mili detik” ketimbang sistem yang memerlukan waktu lama pada mobil berbahan bakar cair. Porsche mengatakan telah menguji sistem empat motor itu selama dua musim dingin.

Belum ada informasi lebih lanjut seputar model mana yang akan mendapat sistem empat motor. Porsche telah menginformasikan bahwa mobil listrik Macan sedang dalam pengerjaan, tetapi mobil ini juga merupakan crossover yang ditujukan untuk entry-level.

Model mana pun yang mendapatkan prioritas utama untuk empat motor listrik atau SUV listrik mendatang ini akan memberikan pengalaman berkendara yang jauh lebih stabil dan responsif jika dibandingkan dengan SUV bertenaga bahan bakar cair.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: