sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Rabu, 21 Feb 2024 13:09 WIB

PlayStation 5 Pro akan dukung game 4K 120fps

Dengan APU yang lebih bertenaga, dukungan fitur mirip NVIDIA DLLS, dan dukungan AI, PlayStation 5 Pro kemungkinan dapat menjalankan game hingga 4K 120fps.

PlayStation 5 Pro akan dukung game 4K 120fps

PlayStation 5 dan Xbox Series X saat ini menjadi konsol dengan performa terbaik jika dibandingkan dengan konsol gaming lain yang ada di pasaran saat ini. Keduanya menawarkan penampilan game di resolusi hingga 8K, dimana setara dengan PC dengan spek dewa.

Tapi, belakangan ini dikabarkan bahwa Sony akan melakukan satu langkah baru, yakni meluncurkan varian Pro untuk PS5 mereka. Disebutkan, konsol ini akan lebih bertenaga dengan dukungan APU yang dapat memainkan game hingga 120fps di resolusi hingga 4K.

Hal ini dikarenakan bukan hanya performa APU nya yang ditingkatkan. Berkat teknologi AI terbaru yang dikembangkan oleh Sony selama beberapa waktu terakhir, membuat mereka dapat mencapai performa yang lebih baik.

Wccftech (21/2) melaporkan, dalam sebuah bocoran dari beberapa sumber yang tidak disebutkan namanya mengkonfirmasi bahwa penyegaran perangkat keras ini menampilkan teknologi yang mirip NVIDIA DLLS, dimana meningkatkan kualitas grafis namun tidak mengorbankan performa.

Meski telah disebutkan bahwa game dapat berjalan di resolusi 4K dan dapat memiliki hingga 120fps, tapi nampaknya resolusi 4K yang dimaksud mungkin bukan resolusi 4K asli, namun resolusi yang lebih rendah namun di upscale ke resolusi 4K.

Sedangkan untuk kemampuan AI, masih belum dapat dipastikan apakah AI tersebut dapat berjalan dengan baik di PS5 Pro. Karena hingga saat ini perusahaan teknologi asal Tokyo, Jepang tersebut masih mengembangkan implementasinya.

Di sisi lain, peningkatan kinerja di PS5 Pro kemungkinan tidak memerlukan banyak kerja keras dari sisi pengembang. Apa lagi untuk game-game yang sebelumnya sudah hadir dengan mode 40 FPS serta telah mendukung VRR.

Fakta bahwa sebagian besar game tersebut merupakan game pihak pertama (milik studio pengembang Sony), jadi tak wajar banyak game yang tadinya tak mendukung 4K 120fps akan hadir di masa depan. Oleh karena itu studio pihak pertama akan menjadi salah satu pihak pertama yang mengetahui rencana Sony dan bisa dikatakan sebagai pembuktian masa depan game mereka.

Namun, hingga saat ini masih belum ada konfirmasi resmi dari pihak Sony terkait rumor tentang teknologi yang ada di PS5 Pro. Sedangkan untuk peluncuran sendiri, beberapa pelaku di industri tersebut menyebut peluncuran PS5 Pro akan dilaksanakan pada paruh kedua tahun 2024 mendatang.

Share
×
tekid
back to top