sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Senin, 21 Agst 2023 16:04 WIB

Pesawat luar angkasa Rusia menabrak bulan, pupus harapan mendarat ke satelit Bumi

Misi tanpa awak ini bertujuan untuk mendarat di kutub selatan Bulan, wilayah di mana belum pernah ada pesawat ruang angkasa yang mendarat sebelumnya.

Pesawat luar angkasa Rusia menabrak bulan, pupus harapan mendarat ke satelit Bumi

Pesawat ruang angkasa Rusia telah menabrak Bulan, menandai berakhirnya misi Luna-25. Rencananya pesawat ruang angkasa itu akan mendarat di permukaan Bulan di daerah sekitar kutub selatan, tetapi pada hari Minggu, 20 Agustus, pejabat Rusia mengonfirmasi bahwa pesawat ruang angkasa itu telah hilang.

Berita tentang masalah dengan misi Luna-25 dimulai pada hari Sabtu, 19 Agustus, ketika badan antariksa Rusia Roscosmos mengumumkan melalui Telegram bahwa "situasi darurat" telah terjadi dengan pesawat luar angkasa tersebut. Pesawat itu mengorbit di sekitar Bulan menjelang upaya pendaratan, yang dijadwalkan minggu depan, tetapi masalah terjadi selama manuver untuk menyesuaikan orbit pesawat ruang angkasa.

Dilansir dari Digital Trends (21/8), masih belum diketahui apa penyebab masalahnya. Namun hal itu mengakibatkan perasat Rusia berputar di orbit yang tidak terkendali dan menabrak permukaan Bulan.

Misi tanpa awak itu bertujuan untuk mendarat di kutub selatan Bulan, wilayah di mana belum pernah ada pesawat ruang angkasa yang mendarat sebelumnya. Daerah ini memiliki kepentingan ilmiah tertentu karena dianggap menampung air es di dalam kawah yang dibayangi secara permanen. Pasokan es air akan menjadi sumber daya penting untuk misi berawak ke Bulan di masa depan, seperti yang direncanakan oleh NASA sebagai bagian dari tujuan mengirim awak ke Bulan selama beberapa minggu, bukan hari.

Misi Rusia berpacu dengan misi India Chandrayaan-3 yang baru diluncurkan, yang juga bertujuan untuk mendarat di kutub selatan Bulan. Misi India diperkirakan akan melakukan upaya pendaratan minggu mendatang. Beberapa tahun terakhir telah terlihat minat baru untuk mengunjungi Bulan, meskipun sejauh ini pendaratan hanya dicapai oleh tiga negara: AS, Uni Soviet, dan China.

Meskipun awak berhasil mendarat di Bulan selama misi Apollo NASA pada 1960-an dan 1970-an, bahkan mendaratkan pesawat ruang angkasa tanpa awak di permukaan Bulan tetap menjadi tantangan yang signifikan. Upaya lain yang gagal baru-baru ini untuk mendarat di Bulan termasuk Beresheet pesawat ruang angkasa swasta Israel yang jatuh ke permukaan, dan misi India sebelumnya Chandrayaan-2 yang mencoba mendarat juga gagal.

Kedua kejadian tidak menguntungkan tersebut terjadi pada 2019. Pada 2022, misi Hakuto-R Jepang yang membawa rover Rashid milik UEA berusaha mendarat di permukaan Bulan tetapi berakhir dengan kegagalan.

Share
×
tekid
back to top