Perkenalkan Calibra, dompet digital dari Facebook

Facebook akhirnya memperkenalkan dompet digital beserta mata uang digital buatannya, yakni Calibra, dengan mata uang yang akan dikenal sebagai Libra.

Perkenalkan Calibra, dompet digital dari Facebook Source: Facebook/ Calibra

Facebook akhirnya mengumumkan secara resmi dompet digitalnya. Dompet digital bernama Calibra itu nantinya akan menggunakan cryptocurrency yang disebut dengan Libra. Facebook merancang Calibra untuk memberikan layanan keuangan yang akan memungkinkan orang untuk mengakses dan berpartisipasi dalam jaringan Libra.

Libra sendiri merupakan teknologi blockchain yang dikembangkan Facebook dan mendapat dukungan dari MasterCard, Visa, PayPal, Ebay, Uber, Lyft dan Spotify.


BACA JUGA

Facebook rekrut mantan Boss Vine demi proyek baru

Facebook berjuang kembangkan aplikasi baru

Steve Wozniak : Cari cara untuk tinggalkan Facebook


Dilansir dari Engadget (19/6), Facebook berharap, Calibra dapat mengatasi tantangan yang dihadapi banyak orang di dunia saat ini, yakni memiliki akses ke layanan keuangan dasar. Saat sudah rilis nanti, Calibra akan memungkinkan orang-orang untuk mengirim dan menerima mata uang digital Libra dengan menggunakan smartphone.

Melalui Calibra, Facebook juga mengklaim menawarkan layanan lebih banyak bagi pengguna dan sektor bisnis. Layanan tersebut termasuk kemudahan pembayaran tagihan. Atau sekadar membeli kopi dengan hanya memindai kode atau menggunakannya untuk membayar biaya transportasi. Caranya akan mirip dengan sistem pembayaran yang dilakukan Apple dan Google.

Untuk dapat menggunakan Calibra, pengguna terlebih dahulu harus melakukan proses pendaftaran dari daftar penyedia pembayaran, seperti MasterCard, Visa dan PayPal. Tetapi itu bukanlah satu-satunya opsi. Pengguna juga dapat menukarkan uang cash mereka ke tempat penukaran uang untuk mengubahnya menjadi Libra dan dimasukkan ke dompet Calibra. Sejauh ini, Calibra belum dapat digunakan untuk pertukaran antar mata uang digital. Namun Facebook mengisyaratkan layanan itu akan tiba di masa depan.

Namun permasalahan mengenai keamanan data menjadi salah satu perhatian ketika Facebook memperkenalkan Calibra. Solusinya, Facebook mendirikan Libra Association. Organisasi ini dimaksudkan untuk mengawasi mata uang digital Libra secara independen, di luar dari pengaruh Facebook. Asosiasi ini akan berbasis di Jenewa, Swiss dan sudah memiliki anggota dari 28 perusahaan. Targetnya pada 2020, ada lebih dari 100 member yang akan mengawasi Calibra dan Libra.

Kendati dibuat oleh Facebook, Calibra diklaim tidak akan membagikan informasi apapun kepada perusahaan induknya. Hal ini berarti bahwa informasi mengenai pengguna Calibra tidak akan digunakan sebagai target iklan dari seluruh ekosistem Facebook.

Calibra diatur untuk memiliki perlindungan yang kuat untuk menjaga uang pengguna dan mengamankan informasi pribadi penggunanya. Pengamanan itu akan dimulai dari proses verifikasi seperti pada kartu kredit. Facebook juga menawarkan pengembalian jika ternyata akun Calibra mereka berhasil diretas orang lain.

Facebook rencananya baru akan meluncurkan Calibra dan mata uang digital Libra pada 2020 mendatang. Kabarnya layanan ini akan tersedia di aplikasi ekosistem Facebook lainnya,seperti WhatsApp dan Messenger. Facebook juga akan memberikan aplikasi sendiri untuk dompet digital tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: