Peretas asal Arab bobol smartphone bos Amazon

Namun hingga saat ini masih belum diketahui data apa saja yang diambil oleh sang peretas, selain pesan singkat yang ada di perangkat tersebut.

Peretas asal Arab bobol smartphone bos Amazon Jeff Bezos (Flickr - Steve Jurveston)

Bos Amazon, Jeff Bezos dikabarkan menjadi korban peretasan. Bukan hanya akun pribadi miliknya, namun smartphone pribadi yang digunakannya sehari-hari dikabarkan telah diretas yang menyebabkan pesan singkat di perangkatnya bocor.

Hal ini bermula pada saat dirinya melihat ada pesan pribadi miliknya yang terbit di sebuah tabloid. Hal ini membuat dirinya langsung curiga bahwa smartphone yang dipegang olehnya telah diretas seseorang.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Amazon uji coba pembayaran lewat deteksi tangan

Amazon bakal invetasi di Gojek

Amazon ajukan izin untuk luncurkan satelit internet cepat


Dia pun kemudian menyewa forensik digital bernama Gavin de Becker. Setelah beberapa waktu dia menyelidiki kejadian tersebut, dia pun menemukan pelaku dibalik kasus peretasan tersebut.

Cnet (1/4/2019) melaporkan, peretas yang berhasil membobol smartphone Bezos adalah peretas dari Arab yang melakukan penyelidikan terkait dengan pembunuhan Jamal Khashoggi, seorang wartawan Saudi yang menulis untuk The Washington Post. Sekadar informasi, Bezos saat ini merupakan pemilik The Post.

"Penyelidik kami dan beberapa ahli menyimpulkan dengan keyakinan tinggi bahwa Saudi memiliki akses ke telepon Bezos, dan memperoleh informasi pribadi," tulis de Becker. Dia mengatakan dia telah memberikan hasil temuannya kepada pihak otoritas Amerika.

Kedutaan Saudi di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait masalah tersebut.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui peretas mana yang menjadi dalang dari peretasan tersebut. Selain itu, tidak jelas data apa saja yang telah diambil oleh para peretas dari smartphone Bezos.

Tuduhan tersebut muncul kira-kira dua bulan setelah Bezos menuduh American Media Inc., yang memiliki The National Enquirer, melakukan upaya pemerasan. Dalam posting Medium yang panjang, Bezos mengatakan AMI mengancam akan mempublikasikan foto-foto intimnya dan Lauren Sanchez, seorang aktris, kecuali dia mengatakan penerbit itu tidak "bermotivasi politik atau dipengaruhi oleh kekuatan politik."

Sebulan sebelumnya, Bezos mengungkapkan bahwa ia dan MacKenzie Bezos, istrinya yang berusia 25 tahun, akan bercerai. Pengumumannya datang beberapa jam sebelum The National Enquirer menerbitkan serangkaian teks genit antara Bezos dan Sanchez.

Menanggapi hal tersebut, seorang juru bicara Media Amerika menyebut klaim de Becker "salah dan tidak berdasar". Dia juga menambahkan bahwa Michael Sanchez, saudara laki-laki Lauren, adalah "sumber tunggal" informasi perusahaan mengenai hubungan tersebut. "Tidak ada keterlibatan oleh pihak ketiga lain apa pun."

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: