sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 03 Agst 2022 13:54 WIB

Penjualan smartphone Android turun, pindah ke iPhone?

Sebuah laporan memperlihatkan banyak pengguna Android yang telah beralih menggunakan iPhone pada Juli 2022.

Penjualan smartphone Android turun, pindah ke iPhone?

Sejauh ini, Android masih menjadi sistem operasi smartphone yang paling populer di seluruh dunia. Namun, sebuah laporan mengungkap, sejumlah pengguna telah beralih menggunakan iPhone sebagai perangkat genggam mereka. 

Dikutip dari Screenrant (3/8), Apple disebut telah mencapai titik tertinggi baru untuk basis penjualan perangkat iPhone mereka. Kenaikan permintaan tersebut diduga karena sejumlah pengguna Android kini telah beralih menggunakan produk smartphone mereka. 

Laporan dari StatCounter mencatat, sistem operasi Android memiliki pangsa pasar 71,85 persen secara global pada Juli 2022. Sementara itu, iOS berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 27,5 persen. Kendati demikian, melalui laporan pendapatan terbaru Apple yang telah berlangsung pekan lalu, CEO Tim Cook menyarankan agar pengguna Android beralih ke iPhone. 

Hal ini juga dikonfirmasi oleh CFO perusahaan tersebut yakni Luca Maestri. Ia mengungkap, basis penggunaan aktif untuk iPhone sekarang telah mencapai titik tertinggi baru untuk sepanjang masa di semua wilayah selama kuartal terakhir. 

“Ini berkat orang-orang yang beralih dari Android,” tambah Maestri. 

Ketersedian ponsel kelas menengah yang layak dengan harga terjangkau merupakan salah satu alasan utama mengapa Android masih menjadi sistem operasi terpopuler secara global. Meski begitu, beberapa laporan mengungkap, pangsa pasar untuk sistem operasi milik Google tersebut diprediksi telah menurun belakangan ini. 

Screenrant melaporkan, Apple mempunyai beberapa pangsa pasar yang perkembangannya cukup signifikan selama kuartal terakhir ini. Beberapa pasar dengan lonjakan permintaan ini meliputi Indonesia, Vietnam dan India.  
 

Share
×
tekid
back to top