Pengguna Facebook di Amerika berkurang 15 juta orang

Sejak 2017 pengguna Facebook di Amerika mengalami penurunan hingga 15 juta. Sementara Instagram mengalami kenaikan fantastis.

Pengguna Facebook di Amerika berkurang 15 juta orang

Pengguna Facebook berkurang, utamanya demografi 12-34 tahun. Berdasaran survei yang dilakukan firma peneliti pasar, Edison Research, 15 juta pengguna Facebook berkurang sejak 2017. Penurunan terbesar terjadi di antara pengguna muda dan millenials.

Presiden Direktur Edison mengatakan, penurunan ini sangat berarti bagi Facebook. 15 juta itu menurutnya adalah jumlah yang sangat banyak. Jumlahnya merepresentasikan 6 persen total populasi Amerika di usia 12 tahun ke atas. Selain jumlah, representasi lainnya adalah, penurunan ini merupakan wujud tren. Edison melihat gejala ini terus terjadi dalam dua tahun terakhir ini.


BACA JUGA

Kemkominfo akhirnya buka fitur foto dan video di medsos

Twitter akui ada bug yang kumpulkan lokasi penggunanya

5 fitur baru Facebook hingga Instagram di F8


Menariknya, pengguna mungkin tidak meninggalkan Facebook sepenuhnya. Mereka beralih ke Instagram. Layanan Facebook kini terlalu banyak dipenuhi iklan yang mengarah ke misinformasi, hoaks, dan konten lain yang dirancang untuk keperluan politik.

Facebook sendiri melalui unggahan blog mereka, menegaskan telah memblokir serta mengenyahkan akun-akun palsu di Facebook. Akun-akun tersebut disebut aktor buruk (bad actor), penyebar hoaks, dan lainnya. Demi membersihkan diri, Facebook juga mempekerjakan 30 ribu orang di divisi keamanan mereka. Jumlahnya tiga kali lipat daripada 2017 lalu. Sejak Juli hingga November 2018, Facebook melaporkan sudah menangani lebih dari 800 akun yang menyalahi aturan Facebook, utamanya yang disebut Bad Actor.

Kendati Facebook banyak ditinggalkan pengguna muda, Edison melihat kecenderungan lainnya. Pengguna usia 55 tahun ke atas mulai banyak menggunakan Facebook. Hanya saja jumlahnya tidak dirilis resmi oleh Edison.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: