sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
Selasa, 28 Apr 2020 13:26 WIB

Pembaruan Windows 10 bermasalah, segera batalkan instalasi

Pembaruan KB4549951 pada Windows 10 yang baru saja dirilis mengalami sejumlah masalah, lakukan pembatalan instalasi apabila Anda terdampak.

Pembaruan Windows 10 bermasalah, segera batalkan instalasi
Source: Pexels

Belakangan Windows menerima laporan tidak mengenakkan dari para pengguna Windows 10. Ternyata masalah ini datang dari pembaruan Windows 10 KB4549951 yang dirilis oleh Microsoft pada 14 April lalu. Beberapa pengguna melaporkan terjadi kesalahan Blue Screen of Death dan menghapus file yang ada di perangkat tersebut.

Pembaruan Windows 10 KB4549951 seharusnya memperkenalkan sejumlah perbaikan keamanan. Namun, KB4549951 ternyata justru membawa masalah serius, termasuk Blue Screen yang paling ditakuti. Dilansir dari TechRadar (28/4), pengguna melaporkan bahwa file pribadi mereka dipindahkan atau dihapus setelah menginstal pembaruan.

“Pembaruan ini adalah bencana. Itu menghapus file, gambar, dokumen saya yang disimpan di drive sistem dan juga aplikasi saya yang saya unduh dari Windows Store,” kata seorang pengguna kepada Wndows Latest. Folder paling utama yang hilang adalah folder berisi gambar dan dokumen. Pengguna yang kehilangan file nya itu bahkan tidak bisa merestore di Recycle Bin, yang berarti file tersebut benar-benar dihapus secara permanen.

Sejauh ini, Microsoft sedang memperbaiki masalah tersebut. Namun, pihaknya tidak menjelaskan lebih lanjut kenapa Blue Screen dan penghapusan data bisa terjadi seketika pembaruan Windows 10 dilakukan. Untuk saat ini, satu-satunya cara yang dapat dilakukan menghapus instalasi pembaruan. Namun, perlu dicatat pembaruan ini membawa perbaikan keamanan yang penting bagi perangkat, jadi disarankan untuk menghapus pembaruan apabila Anda mengalami masalah saja.

Untuk menghapus pembaruan, buka menu pengaturan lalu klik Update & Security. Setelah itu, pilih menu Windows security. Selanjutnya, klik View update history dan pilih Uninstall Updates. Cari pembaruan KB4549951 pada daftar pembaruan, kemudian klik Uninstall. Setelah itu pembaruan Windows 10 KB4549951 pada perangkat Anda akan dibatalkan.

Share
×
tekid
back to top