sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Rabu, 20 Sep 2023 19:03 WIB

Dapat lampu hijau FDA, Neuralink segera lakukan uji coba pada manusia

Neuralink akan menguji keamanan dan kegunaan awal sistem N1 pada orang yang menderita kelumpuhan akibat cedera tulang belakang atau ALS.

Dapat lampu hijau FDA, Neuralink segera lakukan uji coba pada manusia

Neuralink, milik Elon Musk, akhirnya membuka pintu bagi uji coba pertamanya pada manusia, yang dikenal sebagai studi PRIME. Meskipun diumumkan hampir setahun setelah pengungkapan awal, ini menandai tonggak penting dalam bidang antarmuka otak-komputer (BCI).

Neuralink akan menguji keamanan dan kegunaan awal sistem N1 pada orang yang menderita kelumpuhan akibat cedera tulang belakang atau ALS. Tujuannya sederhana, agar mereka dapat mengontrol kursor atau keyboard komputer hanya dengan berpikir.

Namun, perjalanan menuju titik ini tidaklah mulus. Neuralink mengalami kesulitan tahun lalu ketika tuduhan kekejaman terhadap hewan muncul, sehingga memperlambat penelitiannya dan mendorong penyelidikan federal. Setelah baru-baru ini memperoleh persetujuan FDA, Neuralink siap untuk maju.

Teknologi ini melibatkan Utah Array, jaringan kompleks probe ultra-tipis yang dimasukkan ke dalam otak pasien oleh robot khusus Neuralink, R1. Berbeda dengan Stentrode Synchron, yang dapat diterapkan tanpa operasi, perangkat Neuralink memerlukan prosedur bedah lubang kunci robotik.

Sistem ini akan mengubah sinyal listrik otak menjadi perintah digital, yang pada dasarnya berfungsi sebagai mediator teknologi tinggi antara pikiran dan mesin.

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah pendekatan yang terlambat dan hati-hati ini merugikan Neuralink, atau justru menunjukkan jalur yang lebih cermat dan berpotensi berhasil dalam mengintegrasikan BCI ke dalam kehidupan sehari-hari?

Dengan uji coba yang akhirnya dimulai, dunia teknologi menantikan hasilnya, yang dapat membawa Neuralink ke posisi terdepan atau bahkan membuatnya mundur lebih jauh, jika gagal.

Tag
Share
×
tekid
back to top