Lupakan Samsung dan Huawei, Sharp punya smartphone lipat sebenarnya

Meskipun Sharp sudah memiliki purwarupa dari smartphone tersebut, namun mereka masih belum memutuskan kapan perangkat ini akan bisa diproduksi.

Lupakan Samsung dan Huawei, Sharp punya smartphone lipat sebenarnya Ilustrasi Smartphone Lipat (Android Authority)

Awal 2019 ini, para penggemar teknologi dimanjakan dengan kehadiran dua smartphone lipat yang diluncurkan oleh Samsung (Galaxy Fold) dan Huawei (Mate X). Namun, saat dilihat lebih dekat, kedua perangkat tersebut lebih cocok disebut sebagai tablet lipat ketimbang smartphone lipat.

Sebuah inovasi layar lipat baru pun dihadirkan Sharp. Dalam sebuah pagelaran yang mereka lakukan, perusahaan asal Jepang tersebut memamerkan sebuah smartphone lipat sesungguhnya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Asus, ada ratusan gim mobile dengan refresh rate di 120 fps

Razer buat casing untuk gamer pengguna iPhone 11 dan iPhone 11 Pro

Redmi 8 dan 8A siap meluncur, sudah sampai Thailand


Perangkat tersebut pun terlihat seperti layaknya smartphone biasa, dengan ukuran layar sebesar 6,18 inci saja dengan resolusi 1440 x 3040 pixel, seperti lapor Ubergizmo (12/4). Ya, ukuran layar ini jauh lebih kecil dari Mate X dan Galaxy Fold.

Lipatannya pun horizontal. Hal ini mengingatkan kita dengan model ponsel flip di awal 2000-an silam. Sayang, selain layar, di purwarupa tersebut tidak terlihat modul lain seperti kamera dan lainnya. Hanya layar yang dibalut dengan casing yang tampak terbuat dari besi,

Sharp mengklaim bahwa layar tersebut mampu menahan 300 ribu siklus lipat. Mereka mengklaim jumlah ini cukup besar sehingga pengguna akan dapat menggunakan perangkat tersebut dalam waktu lama sebelum pada akhirnya rusak.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum jelas apakah Sharp akan segera membuat purwarupa lebih jauh lagi atau tidak. Namun, mereka menyatakan minat untuk mengkomersilkannya dalam beberapa tahun ke depan.

Sekali lagi, masih belum jelas apakah Sharp akan memproduksi smartphone tersebut atau hanya akan memasok teknologi ini ke vendor lain. Tapi, Motorola mungkin akan menjadi perusahaan yang paling tertarik dengan teknologi ini, mengingat mereka sangat ambisius ingin menghidupkan lagi lini Razr mereka.

Nah, bagi yang penasaran seperti apa bentuk dari perangkat tersebut, bisa ditonton di bawah ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: