sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Kamis, 20 Jun 2019 19:38 WIB

Lenovo update fitur baru di lini Thinkpad

Aziz Wonosari, Manager Presales Lenovo Indonesia membeberkan beberapa fitur baru yang akan hadir pada lini Thinkpad. Fitur ini akan tersedia pada Agustus mendatang.

Lenovo update fitur baru di lini Thinkpad
Source: Patardo/ Tek.id

Lenovo akhirnya memperbaharui fitur untuk empat lini Thinkpad mereka. Hal itu diungkapkan oleh Aziz Wonosari, Manager Presales Lenovo Indonesia dalam pertemuan dengan awak media, Kamis (20/6). Ada delapan fitur baru yang akan dihadirkan Lenovo pada perangkat Thinkpad T490s, T490, X390 dan E490.

Fitur pertama yang Lenovo suntikkan adalah, Rapid Charge. Sesuai dengan namanya, fitur ini menawarkan pengisian ulang baterai dengan cepat. Aziz mengatakan dengan daya 65 watt, pengguna akan dapat mengisi baterai hingga 80 persen dalam waktu 60 menit. Fitur ini bakal mendukung hampir semua perangkat Thinkpad.

Kedua, Thinkpad Privacy Guard. Untuk diketahui, fitur ini hanya mendukung perangkat T490s, T490 dan X390 saja. Pada prinsipnya, Lenovo akan menambahkan lapisan pelindung agar layar hanya dapat dilihat dari sudut tertentu saja. Berbeda dengan lapisan tambahan pada umumnya, Lenovo akan membuatnya satu dengan bagian layar. Tetapi ini pun tidak berlaku mutlak. Pembeli dapat meminta permintaan khusus untuk menambahkan fitur ini dengan biaya tambahan.

Ketiga, peningkatan fitur ThinkShutter. Fitur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu. Namun Lenovo memberi sedikit modifikasi di sini. Fitur ini akan berguna untuk mengamankan laptop dengan pengunci layar menggunakan pemindai wajah. Tak hanya itu, software bernama Glance Software akan membuat pengguna dapat memindahkan dokumen dari satu layar ke layar lainnya hanya dengan menggunakan lirikan mata.

Keempat adalah Lower Power Display. Aziz mengatakan bahwa pengguna bisa menggunakan panel FHD 400 nits dengan konsumsi daya yang lebih irit ketimbang sebelumnya. Fitur ini hanya akan tersedia pada seri Thinkpad T490s dan T490 saja.

Fitur lainnya, berdasarkan penjelasan Aziz adalah In-Cell Touch Solution. Ini merupakan opsi bagi pengguna untuk menggunakan touchscreen. Alih-alih menambahkan lapisan untuk touchscreen, Lenovo akan langsung memasang teknologi ini pada panel layar laptop.

Fitur lainnya adalah USB Type C Anti Fry. Aziz menjelaskan ini merupakan proteksi tambahan untuk port USB Type C. Jika terjadi kelebihan tenaga dari yang sudah ditentukan, proteksi ini akan memutus daya dari port tersebut.

Terakhir adalah fitur yang bernama Power-Loss Protection for SSD. Intinya, fitur ini akan menjaga data agar tidak hilang ketika belum tersimpan, terutama ketika pengguna tidak sengaja mematikan laptop.

“Ini untuk prevent seandainya pada saat komputer shutdown dengan tidak semestinya, data yang ada di memori tidak akan hilang meski belum disimpan. Teknologi ini akan aktif ketika ada peningkatan aktivitas penekanan tombol on/off.” ujar Aziz.

Sebenarnya masih ada satu fitur lagi yang dijelaskan Aziz, yakni ThinkPad Commercial Features. Fitur ini akan melindungi data ketika terjadi kegagalan saat melakukan update firmware.

Untuk diketahui, Aziz menyatakan bahwa fitur ini baru dapat dinikmati pada Agustus mendatang.

 

Share
×
tekid
back to top