sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Rabu, 27 Des 2023 16:09 WIB

Lenovo rilis laptop ThinkPad & IdeaPad berbasis teknologi AI dari prosesor Intel Core Ultra

Lenovo secara resmi memperkenalkan produk laptop ThinkPad dan IdeaPad yang memiliki dapur pacu Intel Core Ultra dengan dukungan teknologi AI terkini.

Lenovo rilis laptop ThinkPad & IdeaPad berbasis teknologi AI dari prosesor Intel Core Ultra
Sumber: Lenovo

Lenovo Thinkpad X1 Carbon, ThinkPad X1 2-in-1, dan IdeaPad Pro 5i telah resmi meluncur dengan berbekal prosesor Intel Core Ultra serta sistem operasi Windows 11. Berkat kehadiran prosesor terbaru itu, ketiga model laptop ini bakal menghadirkan sejumlah fitur berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) yang canggih.

Melalui siaran pers resmi (27/12), prosesor Intel Core Ultra memang sudah didukung dengan teknologi AI terbaru yang dapat memberikan akselerasi khusus pada perangkat, sehingga pastinya bisa memberikan pengalaman baru bagi penggunanya. Ini juga termasuk kehadiran Copilot sebagai chatbot atau virtual assistant bagi pengguna yang dapat membantu menyelesaikan berbagai macam tugas secara lebih efisien.

Tidak hanya dalam hal menyelesaikan pekerjaan yang lebih efektif, dengan pengalaman menggunakan PC berbasis AI juga bisa menambah keseruan pengguna yang suka bermain game di laptop. Sebab dengan teknologi AI, performa perangkat juga dapat lebih dioptimalkan secara signifikan sehingga dapat lebih tahan lama walau digunakan untuk bermain dalam waktu yang panjang.

Laptop Lenovo dengan prosesor Intel Core Ultra memiliki tiga mesin komputasi yakni CPU (Central Processing Unit), GPU (Graphics Processing Unit), dan NPU (Neural Processing Unit). Dengan tiga mesin komputasi tersebut kinerja laptop berbasis AI dijamin akan lebih cerdas dan efisien.

Sejumlah tugas seperti kemampuan memprediksi teks, memburamkan latar belakang, melakukan transkrip pertemuan, hingga meringkat isi surat elektronik juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah oleh laptop yang berbasis teknologi AI ini. Jelas hal ini dapat semakin meningkatkan produktivitas pengguna  sebab dari segi waktu dan tenaga yang dibutuhkan akan berkurang signifikan.

Pada peluncuran kali ini, Lenovo mengaku telah melakukan perluasan portofolio cloud hybrid yang mungkin berkat bantuan prosesor Intel Xeon generasi terkini. Dengan adanya perluasan tersebut, maka Lenovo mengeklaim telah sukses menghadirkan platform AI-ready terbaru yang mampu meningkatkan kinerja perangkat sehingga memungkinkan juga pendekatan AI Hybrid.

Berkat teknologi AI ini pula Lenovo menyebut produknya akan semakin inklusif, artinya dapat digunakan dengan mudah juga oleh segala kalangan termasuk difabel. Vice President, Commercial Portfolio and Product Management, Lenovo Intelligent Devices Group, Jerry Paradise mengungkapkan bahwa inovasi pada produk terbarunya ini akan menjadi titik awal bagi perusahaan tersebut untuk semakin banyak menghadirkan produk teknologi berbasis AI lainnya.

“Inovasi AI PC telah menjadi semangat kami. Kami tidak hanya membuat PC, kami membuat pengalaman menggunakan desain cemerlang yang beragam, bahan yang lebih berkelanjutan dan teknologi komputasi AI revolusioner untuk menghadirkan masa depan komputasi bisnis.” Kata Jerry. “Laptop Lenovo ThinkPad Xq terbaru akan mengubah pengalaman pengguna dalam bekerja dan berinteraksi melalui kecepatan dan kecerdasan AI baru yang ditenagai prosesor Intel Core Ultra.” Pungkasnya.

Share
×
tekid
back to top