sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Rabu, 22 Jul 2020 19:00 WIB

Review Lenovo IdeaPad Gaming 3i, laptop ini menarik!

Laptop gaming milik Lenovo ini memiliki desain lugu jika dibanding dengan laptop gaming kebanyakan. Namun dibalik keluguannya, laptop ini memiliki banyak hal untuk jadi laptop pilihan.

Review Lenovo IdeaPad Gaming 3i, laptop ini menarik!

Bermain gim-gim keren saat ini sudah semakin mudah. Anda tak perlu lagi menyiapkan dana besar untuk membangun PC yang dapat memainkan gim-gim bertaraf AAA. Bahkan, saat ini juga sudah banyak laptop yang memiliki performa yang tak kalah menarik dibanding PC.

“Main gim memang bisa di laptop bos, tapi harganya sampai puluhan juta kan? Sama aja bohong!”

Banyak penggiat teknologi yang menyuarakan hal tersebut, tidak salah, tapi juga tidak tepat sepenuhnya. Saat ini sudah mulai ramai laptop dengan performa baik, namun menawarkan kinerja yang cukup apik. Mudahnya murah meriah, tapi cukup wah.

“Ada yang seperti itu?”

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan menjawab, ada.

Tidak sedikit laptop gaming yang memiliki kedua hal tersebut, harganya terjangkau tapi cukup mumpuni untuk dipakai bermain gim. Dari pengalaman mencoba laptop gaming entry-level, belum lama ini ada Lenovo IdeaPad Gaming 3i yang punya banyak hal menarik.

Desain cukup apik

Kita mulai dari desainnya. IdeaPad Gaming 3i disiapkan Lenovo sebagai laptop gaming entry-level. Walau ditujukan untuk kelas entry-level, lenovo mengemas perangkat ini cukup apik meski berbahan plastik.

Tampilannya tampak menarik dengan sapuan warna matte. Ada desain lekukan pada cover, yang membuat laptop ini tidak terlihat kaku mengotak seperti laptop kebanyakan.

Detail menarik selanjutnya adalah logo Lenovo pada covernya. Logo dengan aksen silver metalik ini menambah kesan mewah tampilan laptop ini secara keseluruhan. Tak hanya di cover, logo lenovo ini juga terdapat pada area palm rest.

Dimensinya memang tidak bisa dibilang tipis. Tebalnya itu berkisar 25mm. Meski begitu, laptop ini masih cukup mudah untuk dibawa-bawa dengan bobot berkisar 2.2 kg.

Jajaran port yang ditawarkan IdeaPad Gaming 3i tergolong lengkap. Laptop ini sudah menawarkan port USB type-C, sebuah port USB 3.1 (Gen1), port HDMI 2.0, port RJ 45, dan jack audio di sisi kiri. Sementara di sisi kanan, ada sebuah port USB 3.1 (Gen 1) dan ventilasi tempat masuknya udara.

Untuk bagian layar dan keyboard. IdeaPad Gaming 3i ini punya layar berukuran 15.6 inci dengan bezel cukup tipis seperti laptop modern saat ini. Layarnya pakai panel IPS dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel, kecerahan 250 nits, dan refresh rate 120Hz.

Laptop ini juga hadir dengan webcam yang dibekali dengan cover geser untuk memberikan kenyamanan privasi penggunanya.

Untuk keyboardnya, Lenovo menggunakan full-sized keybord. Artinya keyboard pada IdeaPad Gaming 3i juga memiliki deretan tombol nomor (Numpad). Ukuran keycapnya cukup besar dengan jarak yang cukup berjauhan, setidaknya hal ini mengurangi risiko salah tekan saat sedang seru bermain gim atau dipakai mengetik.

Keyboardnya pada laptop ini juga sudah didukung oleh backlit satu warna, bukan RGB. Keycapnya memiliki key travel 1,5 mm. Karakternya sendiri tidak terlalu empuk, namun cukup oke untuk dipakai bermain gim yang butuh reaksi cepat, seperti valorant atau gim-gim bergenre fps lainnya.

Sementara untuk opsi ekspansi, anda harus membuka baut untuk membuka cover bagian bawah laptop ini. Laptop ini masih memiliki sebuah slot RAM jika Anda berencana untuk menambah RAM. Anda juga bisa menambahkan SSD 2,5 inci sebagai penyimpanan tambahan.

Dukungan utilitas

IdeaPad Gaming 3i ini memiliki beberapa fitur untuk memudahkan penggunaan laptop. Seperti beberapa tombol pintasan untuk mengatur kecerahan backlit dan multimedia. Lenovo juga memiliki software bernama Lenovo Vantage yang bisa menjadi software monitoring sistem atau mengatur beberapa pengaturan sistem lainnya.

Beberapa pengaturan yang ditawarkan pada Lenovo Vantage meliputi pengaturan termal, jaringan, mengunci touchpad saat bermain gim, pengisian cepat, keamanan WiFi dan mengaktifkan Dolby Audio.

Selain melalui software Lenovo Vantage, kita juga bisa mengatur kecepatan kipas melalui fungsi pintasan dengan menekan tombol Fn dan tombol Q bersamaan. Anda bisa memilih opsi kipas yang paling sesuai untuk anda. Silent untuk dipakai bekerja atau belajar, pindahkan ke performance saat mau dipakai bermain gim.

Lenovo Vantage

    Share
    ×
    tekid
    back to top