Lasso, aplikasi video Facebook pesaing Tik Tok resmi meluncur

Facebook akhirnya meluncurkan aplikasi lipsync ala Tik Tok. Disebut Lasso, aplikasi itu diluncurkan perusahaan tanpa mengumbarnya ke publik.

Lasso, aplikasi video Facebook pesaing Tik Tok resmi meluncur (Foto: Lasso)

Setelah dirumorkan sebelumnya, Facebook akhirnya meluncurkan aplikasi lipsync ala Tik Tok. Facebook menyebutnya Lasso. Aplikasi itu diluncurkan perusahaan tanpa mengumbarnya ke publik. Lasso dirancang untuk menyaingi aplikasi Tik Tok dan Musicaly yang telah diakuisisi ByteDance.

Pada aplikasi Lasso, pengguna bisa merekam diri mereka sembari menari dan menyinkronkannya ke musik yang diputar. Konsep ini sama dengan layanan yang ditawarkan oleh Tik Tok. Lasso juga memungkinkan pengguna merekam klip pendek seperti Vine.


BACA JUGA

Selebgram kulit putih ramai-ramai jadi kulit hitam

Caption Instagram saat kongkow bareng keluarga

Sekarang pengguna bisa belanja langsung dari video Instagram


Dilansir The Verge (10/11), Lasso telah tersedia untuk iOS dan Android. Kepada The Verge, Facebook mengatakan "Lasso adalah aplikasi baru yang berdiri sendiri untuk (mengakomodir) video singkat, menghibur dan menampung konten mulai dari komedi, kecantikan, kebugaran dan lainnya. Kami senang dengan potensi disini dan kami akan mengumpulkan tanggapan dari pengguna serta kreator konten."

Untuk membuat akun di Lasso, pengguna bisa menggunakan Instagram atau Facebook. Anda juga harus membubuhkan izin untuk memungkinkan aplikasi mengakses halaman profil, foto dan video Anda. Setelah persiapan itu selesai, Anda akan disajikan oleh tampilan feed Lasso disertai berbagai konten video yang telah dibuat oleh pengguna lain.

Lasso juga menampilkan fitur tagar yang ditampilkan dengan jelas di bawah video. Dengan begitu, Anda bisa memfilter konten dengan fitur tagging tersebut. 

Sejauh ini, pengguna bisa membagikan video di Lasso sebagai stories di Facebook. Fitur itu nantinya juga akan tersedia di Instagram. Namun di Lasso, Anda tak bisa menjadikan profil Anda sebagai profil pribadi seperti di Instagram. 

Lasso juga sudah memiliki banyak konten yang mirip dengan konten di Facebook Watch. Sayangnya peluncuran aplikasi ini tak begitu diumbar ke publik. Informasi peluncuran Lasso hanya diketahui dari cuitan Manager Product Facebook, Andy Huang, kemudian diikuti cuitan Manager Product Lasso Bowen Pan.

"Hari ini, tim saya meluncurkan Lasso (@lassovideos), aplikasi video baru yang memungkinkan Anda membuat video pendek yang menyenangkan dan membagikannya dengan teman-teman," kata Bowen Pan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: