sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 08 Jul 2021 13:42 WIB

Langkah vivo akselerasi jaringan 5G

Kehadiran jaringan 5G di Indonesia pada tahun ini menjadi momentum strategis bagi vivo dalam menghadirkan lebih banyak inovasi berbasis 5G.

Langkah vivo akselerasi jaringan 5G

Menurut penelitian terbaru baru dari Strategy Analytics, vivo merupakan salah satu vendor smartphone 5G dengan pertumbuhan tercepat di dunia pada kuartal pertama 2021. vivo pada kuartal pertama 2021, memiliki persentase pertumbuhan sebesar 62% dibandingkan kuartal sebelumnya. Berdasarkan Strategy Analytics, vivo dilaporkan telah mengirimkan 19 juta unit smartphone 5G secara global pada kuartal pertama 2021.

Sementara itu, Ville-Petteri Ukonaho, Associate Director Strategy Analytics, mengatakan jika pertumbuhan vivo tidak terlepas dari pengembangan yang berkelanjutan di beberapa pasar, seperti Tiongkok dan Eropa. Selaras dengan pernyataan tersebut, laporan terbaru yang dilakukan oleh lembaga riset, Counterpoint, menyatakan jika vivo berhasil naik ke posisi teratas di pasar Tiongkok pada Maret lalu. Ini dapat terjadi karena vivo menyajikan berbagai inovasi produk yang bermanfaat bagi konsumen. Selain itu, vivo juga memiliki kemampuan untuk mengembangkan pasar smartphone dengan teknologi jaringan 5G.

Posisi vivo saat ini dalam pasar tidak lepas dari riset dan pengembangan berkelanjutan untuk smartphone 5G yang telah dilakukan vivo sejak 2016. Secara global, vivo selama lima tahun terakhir telah berkontribusi untuk turut menyusun formulasi standar jaringan 5G. Pada 2017 dalam 3rd Generation Partnership Project (3GPP) (sebuah konsorsium yang menyediakan wadah untuk kolaborasi menentukan standar telekomunikasi internasional), vivo telah mengajukan lebih dari 5.000 proposal ke 3GPP yang menghasilkan 15 fitur teknis dan mendapatkan persetujuan untuk mengerjakan tiga proyek teknis 5G.

Tak hanya sampai di situ, vivo mengumumkan kemitraannya dengan China Mobile di China Mobile 5G Device Forerunner Initiative pada Mobile World Congress 2018. Kemitraan ini melahirkan program yang bertujuan untuk meluncurkan batch pertama perangkat 5G pra komersil. Peluncuran tersebut ditujukan untuk menggelar uji coba dan membangun dukungan untuk mengembangkan perangkat 5G, chipset, dan rantai pasokan komponen. 

Terbaru dalam upaya riset dan pengembangan berkelanjutan smartphone 5G, vivo memimpin demonstrasi langsung menggunakan perangkat 5G mmWave di acara MWC Shanghai 2021. Demonstrasi itu meliputi streaming video 8K UHD dari server ke smartphone vivo dan memproyeksikan video UHD secara nirkabel ke TV 8K. Demonstrasi ini tentu menunjukkan kekuatan vivo dalam riset dan pengembangan 5G mmWave.

Untuk semakin dapat mengembagkan pasar 5G secara berkelanjutan, vivo didukung oleh 10 pusat jaringan riset dan pengembang di berbagai negara. Sementara terdapat dukungan tersebut, sejauh ini vivo juga telah memegang lebih dari 3.000 paten untuk penemuan teknis dari jaringan 5G. 

Selain secara global, vivo juga memiliki komitmen untuk mengembangkan pasar smarphone 5G di masing-masing negara yang menjadi pasarnya, termasuk Indonesia. Perusahaan mengatakan juga akan terus mengeksplorasi inovasi produk teknologi yang dapat mendukung pengalaman konsumen untuk merasakan 5G. Tahun ini, vivo telah menghadirkan produk smartphone 5G yang dapat mendukung frekuensi tersedia di Indonesia, yakni vivo X60 dan vivo V21 5G.

Melalui dua produknya tersebut, vivo tergabung menjadi official device partner yang mendukung pengujian jaringan 5G dari Telkomsel yang hadir pertama kali di Indonesia. Vivo V21 5G dan Seri X60 telah diuji untuk dapat menjalankan jaringan 5G pada frekuensi 2300 MHz yang digunakan oleh Telkomsel.

Dalam rilisan, Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia, mengatakan jika riset dan pengembangan yang dilakukan vivo telah berkontribusi untuk mempercepat komersialisasi 5G secara global. Ia juga mengatakan bahwa vivo akan menghadirkan lebih banyak inovasi dalam menyambut kehadiran jaringan 5G di Indonesia 

“Disisi lain, kehadiran jaringan 5G di Indonesia pada tahun ini menjadi momentum strategis bagi vivo dalam menghadirkan lebih banyak inovasi berbasis 5G bagi konsumen setia vivo di tanah air,” katanya.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top