Komponen mobil otonom semakin murah

Komponen buatan Luminor bisa menjadi penghematan besar-besaran jika dibandingkan dengan sistem Lidar lain yang ada di pasar saat ini.

Komponen mobil otonom semakin murah Smith Collection/Gado via Getty Images

Salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah mobil otonom adalah radar berbasis cahaya laser (laser pulse-based radar/Lidar). Sistem ini digunakan untuk mendeteksi hambatan seperti mobil lain atau pejalan kaki demi navigasi yang lancar. Sayangnya sistem Lidar tidak murah. Dilansir dari Engadget (12/7), menanggapi hal tersebut, produsen sensor dan software kendaraan otonom Luminar baru saja mengumumkan platform baru yang akan menjadi alternatif dengan harga lebih terjangkau dibandingkan sistem Lidar saat ini.

Diberi nama Iris Lidar, Luminar menyatakan sistem tersebut memiliki biaya hanya kurang dari USD1000 (Rp14 juta) per unit untuk kendaraan produksi atau USD500 (Rp7 juta) untuk kendaraan versi terbatas.


BACA JUGA

Mobil listrik VW akan dukung perintah suara

Toyota dan Denso bermitra demi chip mutakhir mobil otonom

Mobil listrik Bentley punya assisten digital berbasis AI


Oleh karenanya, ini bisa menjadi penghematan besar-besaran dibandingkan dengan sistem Lidar lain yang ada di pasar saat ini. Unit teratas buatan Velodyne memiliki harga USD75.000 (Rp1 miliar). Namun, anak perusahaan Alphabet Waymo mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka akan menjual Lidar miliknya sendiri dengan harga yang lebih terjangkau USD7500 (Rp105 juta).

Versi Iris Lidar juga diklaim memiliki bentuk yang lebih kompak dibandingkan dengan model sebelumnya. Unit uji sebelumnya memiliki ukuran yang sangat besar, tetapi komponen terbaru ini dikatakan memiliki ukuran sepertiga lebih kecil. Hal ini tentu saja akan memudahkan produsen untuk menyematkan perangkat ke lokasi yang tersembunyi seperti lampu depan mobil atau sebagainya.

Diinformasikan akan ada software baru untuk melakukan proses komponen ini yang mencakup gabungan sensor, kalibrasi otomatis, pelacakan, deteksi objek, klasifikasi dan simulasi. Iris Lidar ditetapkan untuk meluncur pada tahun 2022.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: