sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Senin, 30 Nov 2020 12:27 WIB

Kit ini bakal berikan pengalaman imersif saat bermain gim VR

Para pengguna akan mendapatkan aroma dari lingkungan sekitar saat bermain gim VR menggunakan Silia Developer Kit dari HAPTICSOL.

Kit ini bakal berikan pengalaman imersif saat bermain gim VR

Gim VR saat ini sudah menjadi komoditas utama di industri gaming. Hal ini dikarenakan dalam satu tahun terakhir ini, jumlah gamer yang menggunakan perangkat VR semakin meningkat dengan drastis.

Meski saat ini kualitas grafis gim VR dan kemampuan headset VR yang semakin hebat, beberapa gamer masih mengeluhkan masih kurang imersif-nya pengalaman bermain mereka. Soalnya, saat ini gim VR hanya dapat membuat kita melihat dunia virtual saja, belum benar-benar seperti berada di dunia yang sedang kita jelajah.

Nah, untuk memberikan perasaan imersif yang lebih besar, sebuah startup bernama HAPTICSOL baru saja meluncurkan sebuah kit yang akan membuat pengalaman bermain gim VR pengguna lebih imersif. Hal ini mereka lakukan dengan memasukkan unsur indera penciuman ke VR.

Mereka pun menamakan kit ini sebagai Silia Developer Kit. Teknologi ini akan membuat para gamer VR dapat mencium bau apa yang ada di sekeliling dunia VR mereka. Hal ini merupakan sebuah terobosan baru di bidang gim VR.

Dalam paket ini, para pengguna akan mendapatkan beberapa botol berisi pewangi yang sudah disesuaikan dengan beberapa kondisi dunia nyata. Mereka menyiapkan aroma air, hutan, dan beberapa wewangian lain.

Pengguna akan mendapatkan total 6 parfum dalam paket penjualan. Sebuah kipas kecil di bagian belakang perangkat akan menghembuskan angin ke arah pengguna, sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman yang super imersif.

Sayang, The Verge (30/11) melaporkan bahwa saat ini hanya ada beberapa gim yang baru mendukung teknologi tersebut. Yang pertama adalah Adventure Climb VR, dimana SDK-nya sudah masuk dalam Unity Plugin dan Unreal Plugin.

Satu gim lain yang sudah mendukung teknologi ini adalah Minecraft versi Java. Namun, untuk menggunakan fitur ini, pengguna harus menginstall “MOD”berbasis Forge di dalam gim mereka. Tapi, untuk saat ini, untuk Minecraft pengguna masih belum dapat menggunakan perangkat VR.

Para pengembang gim juga dapat menggunakan SDK tersebut dalam gim mereka untuk memberikan pengalaman VR yang lebih imersif. Tapi sayang, hingga saat ini masih belum diketahui pengembang mana saja yang sudah tertarik untuk mengimplementasikan teknologi ini.

Selain dijual untuk pengembang, kit ini juga sudah dapat dibeli oleh para gamer yang hadir dengan tiga varian berbeda, kit Pengembang Cilia, kit pengembang ringkas, dan bahkan edisi khusus yang disesuaikan dengan gaya game Adventure Climb VR yang dijual seharga USD199 atau Rp2,8 juta.

Share
×
tekid
back to top