Kini Telegram izinkan pengguna jadi pengirim pesan anonim

Kini Telegram juga memungkinkan Anda menjadi pengguna anonim saat mengirimkan pesan terusan (forwarded).

Kini Telegram izinkan pengguna jadi pengirim pesan anonim (Foto: PC Tech Magazine)

Telegram telah merilis pembaruan aplikasinya versi 5.5. Hal baru dari pembaruan ini adalah kemampuan menghapus pesan yang sudah terkirim (unsend). Kini tak ada lagi batasan waktu bagi pengguna untuk menghapus pesan yang sudah terkirim sebelumnya baik secara personal maupun di grup.

Fitur hapus pesan terkirim di Telegram memang sudah hadir sejak dua tahun lalu, namun dibatasi 48 jam. Lebih dari waktu tersebut, pesan yang telah terkirim tak bisa dihapus lagi. Dengan pembaruan kali ini, Anda bisa menghapusnya kapan pun karena Telegram tak lagi memberlakukan batasan waktu.


BACA JUGA

Telegram bisa tambahkan kontak dari orang sekitar

Telegram diserang hacker karena dipakai demonstran Hong Kong

Akibat Facebook tumbang, Telegram dapat tiga juta pengguna baru


Tak hanya membawa dukungan tersebut, kini Telegram juga memungkinkan Anda menjadi pengguna anonim saat mengirimkan pesan terusan (forwarded). Biasanya, ketika pengguna meneruskan sebuah pesan, sumber pesan itu akan terlihat. Berbeda dengan di WhatsApp yang hanya menyertakan label keterangan "forwarded".

Saat Anda ingin menjadi pengirim pesan anonim, mungkin fitur ini menjadi angin segar untuk Anda mengingat pengaturan privasi dan keamanan yang makin ketat. Alih-alih menelusur menu yang sesuai untuk pesan terusan, Anda kini hanya perlu mencantumkan pengaturan yang dimaksud melalui kolom pencarian. Pintasan ini hadir bersamaan dengan pembaruan terbaru.

Dilansir Neowin (26/3), Telegram 5.5 juga menghadirkan pembaruan untuk fungsionalitas emoji. "Pencarian GIF dan stiker di platform seluler, kini terlihat lebih baik dan (pengguna) bisa menemukan lebih banyak kucing. GIF apa pun bisa Anda preview. GIF berukuran besar dan pesan video sekarang diatur streaming, sehingga Anda bisa melihatnya tanpa menunggu unduhan selesai," kata Telegram melalui posting-an di blog.

Pengguna Telegram versi Android bisa menggunakan kata kunci dalam banyak bahasa untuk menemukan emoji apa pun. Perusahaan juga membuka diri untuk menerima saran dari pengguna untuk memperbarui bahasa emoji lain melalui laman ini.  Selain itu, pengguna juga bisa menemukan daftar emoji yang terkait dengan pesan yang Anda tulis. Jika Anda menyukainya, Anda hanya perlu mengklik emoji itu untuk mengirimkannya ke pengguna lain.

Hal baru lainnya dari pembaruan Telegram ini yaitu dukungan VoiceOver di iOS dan TalkBack di Android Opsi ini memungkinkan pengguna untuk memberikan tanggapan ke Telegram, sehingga Anda bisa mengoperasikan aplikasi ketika layar ponsel terganggu atau tak terlihat dengan baik.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: