sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Selasa, 11 Feb 2020 12:31 WIB

Kaspersky temukan malware di film nominasi Oscar

Terdapat lebih dari 20 situs web phising dari 925 file berbahaya yang terdeteksi, dengan menyamar sebagai film yang dinominasikan dalam Academy Award (Oscar) tahun ini.

Kaspersky temukan malware di film nominasi Oscar
Source: Unsplash

Kaspersky baru saja menemukan lebih dari 20 situs web phising dari 925 file berbahaya yang terdeteksi, dengan menyamar sebagai film yang dinominasikan dalam Academy Award (Oscar) tahun ini. Bahkan terdapat akun Twitter yang menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk menonton film yang dinominasikan secara gratis. Diketahui situs web phising tersebut akan mengumpulkan data pengguna dan meminta mereka memenuhi berbagai syarat untuk mendapatkan akses ke film yang diinginkan. 

Motede tersebut juga dilakukan secara bervariasi mulai dari mengambil survei dan berbagi rincian pribadi, untuk menginstal adware hingga meminta rincian kartu kredit. Tentunya setelah membuka situs web phising tersebut, pengguna juga tidak akan mendapatkan konten apapun. 

Ini adalah gambar dari situs web phising

Source: Kaspersky 

Untuk lebih mendukung promosi situs web phising tersebut, para pelaku juga membuat akun Twitter sebagai tempat mendistribusikan tautan dalam konten. Ditambah juga terdapat file berbahaya yang menyebar melalui saluran berbeda. Diketahui file berbahaya ini menggunakan kedok salinan film yang mendapatkan nominasi, sekaligus mengindikasikan minat cukup signifikan terhadap para nominasi.

Ini adalah gambar data dari Kaspersky

Source: Kaspersky 

Peneliti Kaspersky juga membandingkan aktivitas berbahaya dengan nama nominasi film tersebut selama empat minggu pertama setelah pemutaran perdananya. Diketahui judul Joker menempati urutan pertama di antara banyak nama film yang digunakan. Kaspersky juga menemukan sebanyak 304 file berbahaya yang dinamai "Gotham Villain". 

Ini diikuti oleh judul 1917, yang berada di posisi kedua dengan jumlah 215 file berbahaya. Sedangkan diurutan ketiga ditempati oleh judul "The Irishman", sebanyak 179 file berbahaya. Sementara itu, film Parasite diketahui tidak memiliki aktivitas berbahaya yang terkait. 

Ini adalah gambar data dari Kaspersky

Source: Kaspersky

Kaspersky turut mendalami apakah terdapat peningkatan signifikan dalam file berbahaya setelah peluncuran resmi film tersebut. Diketahui bahwa sebagian besar file berbahaya muncul ke permukaan setelah minggu ketiga atau keempat film dirilis di bioskop. 

Share
back to top