Jajaran perangkat ThinkPad baru meluncur di Indonesia

Setidaknya ada tiga perangkat ThinkPad utama yang dikenalkan oleh Lenovo kali ini

Jajaran perangkat ThinkPad baru meluncur di Indonesia (kiri-kanan) Aziz Wonosari, Technical Manager Lenovo Indonesia; Budi Janto, Country Manager, Lenovo Indonesia; dan Johny Dermawan, Enterprise Bussiness Director, Lenovo Indonesia.

Dirancang untuk mengikuti transformasi ruang kerja yang dinamis serta tidak terpaku pada satu tempat dan menghadirkan aneka solusi yang dioptimalkan untuk setiap pasar, hari ini (20/3) Lenovo meluncurkan produk terbaru yang masuk ke dalam segmen bisnis seperti Lenovo ThinkPad X1 Carbon, X1 Yoga, dan X1 Tablet. Lenovo mengklaim produk yang diluncurkan hari ini bakal mengubah ruang kerja di masa mendatang dengan memanfaatkan fitur barunya.

“Demografi tempat kerja yang terus berubah dan pengadopsian teknologi yang sangat cepat akan memicu perubahan mendasar di tempat kerja dan cara kerja,” kata Country Manager, Lenovo Indonesia, Budi Janto. “Hasil laporan IDC dan Lenovo beberapa waktu lalu menemukan generasi mellenial Asia, yang akan mengisi lebih dari 50 persen tenaga kerja di tahun 2020 nanti, akan mendorong transformasi di tempat kerja di seluruh Asia Pasifik, kecuali di Jepang. Keahlian generasi millenial akan teknologi, digabungkan dengan tekad perusahaan untuk meningkatkan daya saing, akan mendorong pengadopsian alat untuk melakukan akselerasi inovasi.”


BACA JUGA

Lenovo Z6 Pro bakal punya empat kamera utama

Lenovo bakal punya smartphone lipat

Ponsel dengan kamera 100 MP bakal segera hadir


Brikut adalah tiga produk baru yang dikenalkan Lenovo:

Thinkpad X1 Carbon

ThinkPad X1 generasi baru ini diklaim menghadirkan mampu meningkatkan produktivitas. Ada pula Side Docking USB-C tipe baru yang memberikan konektivitas lebih baik ketimbang pendahulunya. Perintah suara juga dapat dilakukan dengan mudah lantaran laptop ini dilengkapi dengan mikrofon Far Field Communication 360 yang mampu menjaga kepekaan terhadap suara hingga 4 meter.

Ada juga fitur yang bisa dibilang sepele tapi diklaim sangat berguna bagi keamanan pengguna, yaitu ThinkShutter Camera Privacy. Fitur adalah mekanisme geser pada bagian kamera laptop sehingga pengguna dapat lebih aman ketika terkoneksi ke internet agar menghindari pemakaian kamera dari serangan luar. Kini pengguna cukup menggeser mekanisme tersebut untuk menutup kamera yang tadinya menggunakan bahan adesif yang tersedia (dalam kasus saya, menggunakan lakban). Aziz Wonosari, Technical Manager Lenovo Indonesia, mengutarakan bahwa kini ThinkPad X1 Carbon versi baru juga dilengkapi dengan layar yang mendukung HDR.

“Kami mendapat masukan dari para pengguna agar  X1 Carbon 2018 dilengkapi dengan dukungan HDR sehingga menampilkan konten dengan kontras bagus meski di kondisi cahaya terang,” kata Aziz. “Dukungan HDR tersebut memerlukan kecerahan layar 500 nit. Meski demikian, X1 Carbon tetap memiliki efisiensi daya yang tinggi.”

Berbicara efisiensi daya, ThinkPad X1 carbon diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 15 jam. Dengan fitur Rapid Charge, pengguna hanya membutuhkan waktu satu jam untuk menambah 12 jam daya tahan baterai. Fitur fingerprint reader dan facial recognition dapat menghindari laptop dari pembajakan, dan dilengkapi dengan authentication sederhana dari Windows Hello.

ThinkPad X1 Tablet

Tablet generasi ketiga tersebut kini dirancang ulang agar memberikan performa dan fungsi PC sepenuhnya dalam bentuk perangkat detachable. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core generasi kedelapan. Untuk layar, X1 Tablet memiliki ukuran 13 ince beresolusi 3K. Tidak ketinggalan pula keyboard ThinkPad yang disempurnakan dan dikatakan bisa menawarkan produkstivitas dan mobilitas andal.

Lenovo merancang tablet tersebut agar dapat digunakan di berbagai lingkungan kerja dengan menempuh pengujian spesifikasi militer. Para profesional digital saat ini mungkin tidak bekerja di kantor setiap harinya, oleh karena itu X1 Tablet dirancang untuk mendukung interaksi secara alami dengan stylus baru, facial recognition melalui kamera inframerah dan baterai yang tahan lama.

ThinkPad X1 Yoga

Terkenal dengan keyboard yang dapat dilipat dan integrasi ThinkPad Pen Pro, X1 Yoga generasi ketiga memindahkan kemampuan ThinkPad X1 Carbon ke dalam bentuk yang lebih milimalis. Artinya, pelanggan yang menyukai laptop multi-mode bisa mendapatkannya dengan kemampuan prosesor Intel Core generasi kedelapan dan layar Premium Dolby Vision anyar.

Seperti X1 Carbon, X1 Yoga juga dilengkapi dengan mickrofon Far-Field Communication 360 yang mendukung fungsi Wake on Voice dan menawarkan pengalaman konferensi audio dan video lebih baik. Laptop ini telah melalui pengujian 12 spesifikasi militer serta lebih dari 200 pemeriksaan kualitas sehingga diklaim mampu bertahan di kondisi apapun. Ada pula aksesori opsional kamera inframerah untuk melengkapi sistem Facial Recognition demi keamanan yang lebih stabil.

Untuk harga, seluruh produk tersebut dibanderol dengan mulai dari Rp 22 juta, tergantung pilihan prosesor, RAM, kartu grafis, dan konfigurasi lainnya

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: