Jadi kreator efek di TikTok kini bisa dapat gaji
TikTok menghadirkan program Effect Creator Rewards ke Indonesia yang memungkinkan kreator di menerima 'gaji' untuk setiap efek atau filter yang mereka buat di Effect House TikTok.
Efek atau filter menjadi bagian penting bagi platform video TikTok. Terbukti, TikTok Awards Indonesia 2023, yang baru digelar Kamis lalu (12/10), menghadirkan kategori baru yakni Popular Effect of The Year.
Selain itu, perusahaan juga memperluas program Effect Creator Rewards ke Indonesia. Program tersebut memungkinkan kreator di Tanah Air menerima 'gaji' untuk setiap efek atau filter yang mereka buat di Effect House TikTok.
Hadirnya program Effect Creator Rewards menambah ladang penghasilan bagi kreator Effect House di Indonesia. Wandetri dan Thomas Asril, selaku Kreator Effect House yang masuk dalam nominasi Popular Effect of The Year, memaparkan tiga sumber pendapatan kreator efek di TikTok, termasuk melalui program tersebut.
"Kebetulan tanggal 11 (Oktober) kemarin baru rilis Effect Creator Rewards. Jadi, content creator akan digaji ketika membuat efek dengan minimal telah digunakan 200 ribu video," jelas Wandetri dalam wawancara di Jakarta Selatan, Selasa (17/10).
- Paxel Raih Aplikasi Harian Terbaik Google Play 2025, Buktikan Dominasi di Layanan Logistik,
- Sora Melesat di Android, 470 Ribu Unduhan di Hari Pertama Ketersediaan di Play Store
- Indonesia, India, dan Vietnam Pimpin Pertumbuhan Aplikasi Digital Global 2025, Game Selular Jadi Pendorong
- Sosialisasi Aplikasi One by IFG Terus Digencarkan, Integrasi Solusi Finansial dan Kesehatan
Berdasarkan situs resmi TikTok, syarat untuk mengikuti program Effect Creator Rewards adalah kreator setidaknya telah membuat 5 efek, dengan 3 efek di antaranya telah digunakan masing-masing dalam 1.000 video.
"Ketika efek mencapai 200.000 publikasi video yang memenuhi syarat, pembuat konten akan mulai mengumpulkan hadiah. Mereka akan terus mengumpulkan hadiah untuk setiap tambahan video yang memenuhi syarat hingga akhir periode 90 hari, atau hingga mereka mencapai hadiah maksimum," tulis TikTok.
Selain Effect Creator Rewards, Wadentri jiga mengakui bahwa kompetisi efek yang sering diadakan oleh TikTok juga menjadi potensi lain bagi kreator efek untuk bertumbuh. Dengan portofolio yang bagus, kesempatan untuk diajak bekerjasama dengan brand pun akan terbuka.









