Instagram dalami isu penurunan jumlah follower selebgram

Instagram tengah mendalami dan memperbaiki apa yang terjadi di dalam platform mereka. Isu ini terkait dengan aksi bersih-bersih akun kurang autentik.

Instagram dalami isu penurunan jumlah follower selebgram

Instagram tengah menginvestigasi isu di dalam platform mereka yang mengakibatkan beberapa akun populer tampak kehilangan jutaan follower.

"Kami memperhatikan isu yang mengakibatkan perubahan jumlah follower bagi beberapa orang," tulis Instagram di akun Twitternya.


BACA JUGA

Bermuatan pornografi, Instagram blokir akun Alpantuni

Mau tahu iklan paling populer di YouTube Indonesia?

Youtube bakal kurangi rekomendasi video berbau teori konspirasi


"Kami sedang bekerja untuk menyelesaikannya secepat mungkin," lanjut mereka.

Konten kreator sekaligus Youtuber seperti, James Charles dan Zach Clayton, kemarin malam terdampak kasus ini. Mereka menuliskan di akun Twitter mereka, bahwa mereka kehilangan sejumlah besar follower Instagram mereka.

"Kenapa saya kehilangan setengah juta pengikut saya, Instagram," tulis Charles.

Laporan Fast Company sebelumnya menyebutkan bahwa Instagram tengah beraksi membasmi akun-akun yang tidak autentik. Namun belum pasti, apakah aksi bersih-bersih ini pula yang menjadikan kasus penurunan follower besar-besaran di sebagian selebgram.

Memang platform-platform melakukan aksi sporadis untuk menghapus pengguna-pengguna yang dianggap spam ataupun akun tidakĀ  aktif.

Sebelumnya Instagram menegaskan bahwa mereka juga menghapus like, follow, dan komentar dari akun-akun bayaran. Untuk itu Instagram telah menyediakan mesin kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi akun-akun seperti ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: