Instagram bakal tantang Pinterest dengan fitur baru

Instagram ternyata memiliki sebuah fitur baru yang masih tertanam dalam kode aplikasinya. Kabarnya fitur ini akan menjadi saingan bagi Pinterest.

Instagram bakal tantang Pinterest dengan fitur baru Source: Google

Instagram ke depannya mungkin akan mengancam eksistensi Pinterest. Pasalnya dalam aplikasi tersebut tertanam sebuah kode. Kode itu menunjukkan bahwa Instagram memiliki sebuah opsi untuk membuat “Collections” yang dapat diisi oleh banyak pengguna.

Untuk diketahui, dua tahun lalu Instagram sempat memperkenalkan fitur Collections. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan foto yang disukai ke dalam beberapa koleksi. Namun koleksi ini hanya bersifat pribadi saja. Hanya penggunanya yang dapat melihat koleksi tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Caption Instagram kece dari lagu The Beatles

Celah keamanan Instagram ungkap unggahan akun privat

Caption Instagram kece untuk OOTD serba hitam


Nah, fitur baru Instagram bakal membuat koleksi ini dapat diakses siapa saja. Tak hanya itu, pengguna lain juga bisa memberi kontribusi dengan menambahkan foto ke dalam koleksi tersebut. Konsep ini bakal menjadikan Instagram sebagai kompetitor langsung Pinterest.

Dilansir dari TechCrunch (26/2), seorang tipster bernama Jane Manchun Wong, berhasil membongkar kode tersebut dan mengaktifkan fitur koleksi itu. Wong menunjukkan bahwa akan ada pilihan untuk mengubah koleksi yang sudah ia buat menjadi terbuka untuk umum.  

Sayangnya anak perusahaan Facebook ini menepis dugaan kalau pihaknya sedang menguji coba fitur tersebut. Namun toh kodenya sudah tertanam di dalam aplikasi. Tinggal menunggu waktu eksekusinya saja.

Bukan kali ini saja Facebook berusaha mengusik Pinterest. Di 2016, Facebook merilis fitur bernama Sets untuk mengelompokkan foto menjadi beberapa kategori.

Collections ke depannya akan menawarkan kurasi konten yang dapat dinikmati oleh siapa saja. Belum diketahui kapan Instagram akan merilis fitur satu ini. Namun yang pasti, Pinterest harus bersiap-siap menghadapi tantangan Instagram.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: