sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
Kamis, 13 Mei 2021 09:38 WIB

Ini cara kembalikan foto yang tak sengaja terhapus

Jika kalian tak sengaja menghapus foto penting, jangan panik. Coba baca tips cara kembalikan foto yang tak sengaja terhapus ini ya.

Ini cara kembalikan foto yang tak sengaja terhapus
Credit : Pexels

Tidak sengaja menghapus sebuah foto, terlebih foto penting memang hal yang mengesalkan. Sebab, belum tentu kita dapat mengulang momen spesial tersebut untuk kedua kalinya.

Berbeda dengan saat kita tak sengaja menghapus file di PC, dimana akan terdireksi ke folder trash. Sayangnyaperangkat Android tidak memiliki fitur tersebut. Jadi agak sulit untuk mengembalikan foto yang tak sengaja terhapus.

Nah jika kalian mengalami hal tersebut, jangan terlalu khawatir. Tek.id punya solusi yang dapat membantu mengembalikan foto yang tak sengaja terhapus.

Caranya, kalian unduh  aplikasi bernama DiskDigger photo recovery dari Google Play Store. Aplikasi ini memang dirancang untuk perangkat Android yang sudah di root untuk dapat memulihkan gambar seutuhnya.

Bagi kalian yang tidak ingin melakukan rooting di perangkat kesayangan, kalian tetap bisa menggunakan aplikasi ini meski tidak di-root, meski memang ada sedikit kelemahan.

Untuk versi non-root, kalian hanya dapat mengembalikan foto dalam bentuk thumbnail saja. Hal ini memang membuat resolusi foto yang dikembalikan tidak sebagus foto aslinya, namun tetap saja kalian dapat menyimpan foto tersebut di lokasi yang lebih aman.

Tim Tek.id sudah mencoba aplikasi ini di smartphone yang belum di root. Kalian tinggal instal aplikasinya, lalu buka aplikasi tersebut. Lalu kalian klik Start Basic Photo Scan dan berikan izin untuk mengakses penyimpanan kalian.

Setelah itu, proses pencarian foto akan dimulai. Proses ini akan memerlukan waktu yang berbeda sesuai dengan besaran penyimpanan yang dimiliki. Setelah itu, kalian dapat mengembalikan foto yang tak sengaja terhapus tadi.

Untuk kasus kami, aplikasi ini dapat mengembalikan foto yang sudah terhapus selama kurang lebih 1 bulan lalu. Namun, hal ini tidak menjamin semua foto yang kalian inginkan kembali sepenuhnya.

Hal ini dikarenakan cara kerja perangkat penyimpanan yang akan selalu menumpuk slot kosong yang ada di blok penyimpanan. Jadi kalau cache dari foto yang terhapus sudah tertindih file baru, maka kesempatan kalian mengembalikan foto menjadi nihil, terkecuali kalian rela melakukan rooting perangkat kesayangan kalian.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari, ada baiknya secara rutin untuk mem-backup foto dan file kita di penyimpanan eksternal. Atau kalian juga bisa gunakan penyimpanan cloud untuk memastikan data kalian tetap aman.

Share
×
tekid
back to top